Dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mandailing Natal yang akan berlangsung pada 9 Desember mendatang, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Ulu Pungkut menggelar rapat kerja tekhnis (Rakernis) dengan Pengawas Kelurahan Desa (PKD) dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-kecamatan Ulu Pungkut.

Rakernis tersebut berlangsung selama dua hari dan dilaksanakan di Madrasah Desa Habincaran dengan menghadirkan pemateri eksternal, Ahmad Husin Lubis SH I.

Dalam materinya, Ahmad Husein menekankan tentang pentingnya pengawasan mulai distribusi logistik, distribusi undangan pemilih sampai pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi.

Baca juga: Keliling desa, PPK Batahan sosialisasi Pilkada

Husein juga menjelaskan, bahwa kondisi pandemi COVID-19 juga telah membuat pelaksanaan pemilihan ini berbeda dengan pemilihan sebelumnya.

"Oleh karena itu PKD dan PTPS juga punya kewajiban untuk mengawasi terlaksana atau tidaknya protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah dan KPU pada saat pemungutan dan penghitungan suara nantinya," ujar Husein yang juga mantan Ketua Bawaslu Madina itu.

Sementara itu, Ketua Panwascam Ulu Pungkut, Idris Sandi Matondang, Minggu (29/11) berharap dengan adanya Rakernis tersebut PKD dan PTPS dapat mengetahui tugas-tugasnya pada saat pemilihan nanti.

"Mengingat penting Rakernis tersebut kepada PKD dan PTPS juga diharapkan agar melaksanakan tugas sesuai dengan regulasi sehingga tercapainya kesuksesan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal tahun 2020 khususnya di Kecamatan Ulu Pungkut," ujarnya.

Selain itu, PKD dan PTPS juga diharapkan berkoordinasi dengan PPS dan KPPS di wilayah kerja masing-masing serta tetap melakukan pengawasan dan pencegahan terhadap money politic.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020