Calon Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman menjanjikan tersedianya tempat pemakaman umum (TPU) di kota Medan khususnya untuk warga di kawasan Medan bagian Utara.

Hal tersebut ia sampaikan saat menemui masyarakat di Medan Labuhan, Selasa.

Aulia yang berpasangan dengan Calon Wali Kota Medan Bobby Nasution itu mengatakan, lahan perkuburan di kota Medan semakin memprihatinkan dan sudah lama warga mengeluh terkait krisis lahan pemakaman. 

"Ke depan hal itu akan menjadi program saya dan Bobby, untuk mencari solusi tersedianya lahan perkuburan," katanya.

Ia mengaku miris melihat tempat pemakaman yang ada di kawasan Medan Utara yang sering tergenang air saat banjir rob, apalagi ketika turun hujan.

Masalah lain sebagian makam sudah padat dan tak bisa lagi menampung jenazah.

Selain itu, pasangan nomor urut 2 itu akan membuat pelatihan dan memberikan insentif kepada para penggali kubur dan bilal mayat, agar pendapatan mereka bisa bertambah. 

"Para bilal mayat dan penggali kubur akan kita berikan pelatihan dan pembinaan serta ditambah pendapatannya agar lebih sejahtera," katanya.

Ia menyebutkan kawasan Utara kota Medan adalah pintu gerbang perekonomian yang harus mendapat perhatian penuh, mulai perbaikan infrastruktur dan fasilitas umum, terlebih untuk kebutuhan masyarakat banyak.

"Kawasan Utara adalah teras rumah kota Medan yang harus mendapat perhatian dan keadilan pemerintah daerahnya, karena menjadi pintu gerbang perekonomian," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020