Pemerintah melalui Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran untuk program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) 

salah satu penerima program PISEW tahun ini adalah Desa Simalagi Kecamatan Hutabargot. PISEW ini berupa program pembangunan jalan rabat beton yang membantu memudahkan akses menuju sentra produksi perkebunan di wilayah itu. 

Hafiz (56), tokoh masyarakat Hutabargot kepada wartawan Kamis (11/11) mengatakan, program PISEW ini sangat membantu masyarakat, karena program tersebut memudahkan akses masyarakat ke wilayah pertanian dan perkebunan warga di desa itu.



Selain itu, manfaat program ini nantinya juga dapat dirasakan oleh desa penyangga seperti Desa Sayur Maincat, Binanga, Bangun Sejati dan Desa Hutabargot Nauli

"Pembangunan jalan rabat beton dari program PISEW ini menembus akses jalan menuju ke areal pertanian masyarakat, pengerjaannya sedang berlangsung dan sudah hampir rampung. Selama ini akses jalan hanya dari tanah, itu pun sudah hancur, beruntunglah ada program PISEW ini sehingga ekonomi masyarakat dapat terbantu," sebut Hafiz.

Hafis menyebut, sebelum ada program ini warga kesulitan menuju areal pertanian, namun setelah jalan ini dibangun warga sudah merasa terbantu bahkan saat ini sudah bisa dilalui kenderaan roda dua dan roda empat.
 
Mengingat program PISEW ini manfaatnya sudah dirasakan langsung masyarakat tokoh masyarakat Hutabargot itu meminta semua pihak agar melihat sisi manfaat program tersebut dalam upaya menumbuhkan ekonomi masyarakat. Sebab, belakangan ini ada oknum yang menggiring opini miring terkait program tersebut.

"Kami meminta semua pihak supaya tidak menggiring bantuan pemerintah ini kepada hal-hal miring yang sifatnya merugikan masyarakat, kami masih ingin program ini berlanjut untuk tahun berikutnya supaya masyarakat makin terbantu," harapnya

Iman Harahap, fasilitator Masyarakat (FM) menjelaskan program PISEW dari pemerintah pusat ini bertujuan mengentaskan kemiskinan masyarakat di pedesaan, berdaya mampu mengelola sumber daya lokal yang gunanya meningkatkan perekonomian keluarga.

"Lewat PISEW di desa inti Simalagi, menghubungkan ke desa tetangga, akan membantu perekonomian masyarakat utamanya jalan sentra produksi," ujarnya.

Iman menambahkan ada beberapa desa di Madina menerima PISEW kementrian PUPR sumber dana APBN.

"Tahun ini Kecamatan Hutabargot salah satu penerima program PISEW dan pembangunannya sedang berjalan," jelasnya.

Sementara itu, Camat Hutabargot Indra Gunawan, mengatakan program PISEW ini akan mewujudkan Kecamatan Hutabargot sebagai wisata buah menuju peningkatan ekonomi masyarakat.

"Dengan adanya jalan ini kita targetkan akan ada sentra kebun buah-buahan, sehingga tercipta lapangan kerja baru, ekonomi keluarga akan meningkat. Jadi kita berharap untuk tahun berikutnya Kecamatan Hutabargot tetap menjadi prioritas," harapnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020