Untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona, Satgas percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Mandailing Natal mengharapkan peran dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat, salah satunya dengan mengikuti kegiatan swab massal di tempat-tempat yang telah ditentukan.

Swab massal bagi masyarakat ini nantinya akan dilaksanakan di seluruh Puskesmas yang ada serta di tempat-tempat yang ditentukan oleh Satgas percepatan COVID-19.

Baca juga: Saleh Partaonan cek kesiapan tenaga medis tangani COVID-19 di RSUD Panyabungan

"Kepada masyarakat yang merasa ada gejala COVID-19 diminta untuk mengikuti swab massal di seluruh Puskesmas yang ada serta di tempat-tempat yang telah ditetapkan oleh Satgas," ujar Kasatgas Media Percepatan Penanganan COVID-19 Madina, Drs Sahnan Pasaribu kepada ANTARA, Selasa (27/10).

Sahnan menyebut dari 2.000 PCR swab tes yang ditargetkan saat ini sudah tercapai 1.320 sample.

"Kita akan terus melaksanakan PCR Swab Tes sampai target yang kita tercapai," ujarnya.

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini Pemerintah Kabupaten juga telah mengeluarkan Perbup nomor 30 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan salah satunya dengan melaksanakan operasi Yustisi.

Baca juga: Satgas percepatan penanganan COVID-19 Madina adakan Swab Test massal, ini dia jadwalnya

Operasi Yustisi penerapan dan penegakan hukum protokol kesehatan ini dilaksanakan secara rutin dengan melibatkan tim gabungan dari TNI/Polri dan Satpol PP.

"Dari pemantauan kami di lapangan bahwasanya tingkat kesadaran masyarakat di Madina saya lihat sudah sadar untuk menerapkan protokol kesehatan 3M khususnya memakai masker jika keluar rumah," ujarnya.

Untuk memutus penyebaran virus Corona itu, Satgas percepatan penanganan COVID-19 Madina juga telah menyiapkan tempat isolasi bagi warga positif COVID-19.

Tempat isolasi tersebut berada di Bagas Godang Mandailing Natal, hotel Madina Sejahtera dan hotel Rindang.

"Sebagai tritmen bagi pasien yang terkonfirmasi kita sudah menyiapkan ruang isolasi di Bagas Godang, hotel Madina Sejahtera dan hotel Rindang dan bagi warga yang terkonfirmasi tidak mau di isolasi tim Satgas akan melakukan penjemputan," sebut Sahnan.

Tak lupa Sahnan mengimbau kepada semua lapisan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak dan hindari kerumunan yang tujuannya untuk memutus rantai penyebaran dan penularan virus corona.

“Ini tanggung jawab kita semua dan untuk keselamatan diri kita semua. Menurut penyebaran Covid-19 harus dengan kesadaran masyarakat semua,” pungkasnya

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020