Anggota DPR RI Dapil Sumut II, Dr H Saleh Partaonan Daulay melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panyabungan Mandailing Natal (Madina), Minggu (25/10).

Kunjungan ke RSUD Panyabungan untuk memeriksa sistem bekerja perawat dalam menghadapi pasien terdampak Corona sekaligus menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) jenis Coveral Medis (Baju Asmat) sebanyak 4 dus.

Kedatangan Anggota DPR RI Fraksi PAN itu didampingi Kepala Dinas Kominfo Sahnan Pasaribu dan Direktur RSUD Panyabungan Drg Bidasari Siregar.

Baca juga: Kemenkes serahkan 37 kotak APD ke RSUD Panyabungan

Saleh mengatakan, kunjungannya ke RSUD Panyabungan untuk memeriksa kesiapan tenaga medis untuk menghadapi pasien yang terdampak Corona Virus Disease (Covid-19). Ia juga mengatakan akan mngusulkan kelengkapan rumah sakit tersebut ke Kementrian Kesehatan.

"Hari ini saya lagi periksa rumah sakit, kita mau bantu. Inikan ada penanganan COVID-19. Jika bantuan dari pusat telah disalurkan, kita berharap menangani yang terdampak agar maksimal. Tadi saya menyerahkan bantuan APD yang kedua kali, sebelumnya sudah diserahkan juga. Nanti masih ada tambahan, mungkin sedang perjalanan," ujarnya.

Saleh menuturkan RSUD Panyabungan sudah perlu direnovasi karena ada beberapa tempat ditemukan yang sudah rusak.

"Rumah sakit ini sudah perlu direnovasi, tadi banyak saya temukan tempat yang sudah lama tidak berfungsi, itu perlu direnovasi karena Masyarakat Madina banyak, setiap tahun masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan yang luar biasa. Satu satunya rumah sakit pertahanan di Madina adalah RSUD Panyabungan" tuturnya

Ia juga menegaskan ada tiga hal yang harus diperbaharui di RSUD Panyabungan yakni dari sisi bangunan dan fisiknya, kelengkapan tenaga medis dan perlengkapan alat kesehatan.

"Kita harus melengkapi tenang medis. Jika Dokter spesialisnya masih kurang, kita akan usulkan dari Jakarta agar mereka memikirkan keadaan Rumah Sakit ini agar sistem rujuk tidak ada lagi sedangkan alat kesehatan di rumah sakit ini harus dilengkapi, jadi, alat kesehatan yang selama ini tidak ada, itu harus dibuat daftar lis nya. Setelah ada daftar tersebut segera serahkan kepada saya agar diperjuangkan di Senayan," harapnya

Dapat diketahui, setelah kunjungan ke RSUD Panyabungan. Saleh Partaonan Daulay memiliki beberapa titik kunjungan ke masyarakat diantaranya kegiatan Reses dan Sosialisasi COVID-19 kepada masyarakat terkait.

Pewarta: Holik

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020