Wali Kota Binjai Muhammad Idaham  melakukan silaturahmi dengan para peternak penerima bantuan domba dari APBN, APBD Provinsi Sumatera Utara, di Kampung Ternak Mandiri Jati Utomo, Jalan Tengku Amir Hamzah, Kelurahan Jati Utomo, Kecamatan Binjai Utara.

Idaham menyampaikan, di Binjai, Selasa, dimasa pandemi COVID-19, pemerintah terus berupaya memberikan stimulus ekonomi kepada masyarakat Binjai.

Melalui  Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian stimulus ekonomi tersebut diberikan kepada kelompok tani-ternak/perorangan, pokdakan, pohlahsar, UMKM olah pangan, Unit Pembenihan Rakyat (UPR) berupa bantuan ayam buras, pakan dan obat-obatan ternak, benih padi ibrida, pupuk non subsidi, benih ikan, bahan baku ikan gembung rebus, ikan lele dan peralatan olah pangan.

Baca juga: Wali Kota Binjai dukung Jeswita Yunda Riantoro

“Saat ini populasi ternak khususnya ternak sapi, kambing dan domba Binjai harus terus ditingkatkan. Populasi ternak sapi berjumlah 6.410 ekor, ternak kambing berjumlah 5.538 ekor, sedangkan ternak domba berjumlah 7.728 ekor yang tersebar pada limA kecamatan," katanya.

Idaham mengatakan upaya lain untuk mencapai percepatan peningkatan populasi ternak yang optimal terus dilaksanakan dengan meningkatkan penyuluhan peternakan dan penyediaan sarana maupun prasarana yang dapat mendukung percepatan peningkatan populasi ternak yang optimal.

“Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian yang terus menerus berupaya meningkatkan kesejahteraan kelompok tani-ternak dan untuk Dinas Ketahan Pangan Provinsi Sumut atas program bantuan APBD TA 2020 yang turut serta membantu peternak di daerah ini," ungkapnya.

Kepala Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian Agustawan Karnajaya mengungkapkan batuan yang diberikan Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian Provinsi Sumut melalui program bantuan APBD Provinsi Sumut tahun anggaran 2020 berupa ternak domba sebanyak 25 ekor kepada kelompok tani-ternak Kampung Ternak Mandiri Jati Utomo, bantuan ayam buras sebanyak 200 ekor kepada kelompok wanita tani Dahlia Kelurahan Sumber Karya dan kelompok Tani Sumber Kelurahan SM.Rejo.

Disamping itu juga ada bantuan rumah kompos dari Kementerian Pertanian sebanyak dua unit yang diberikan kepada kelompok Tani Purnama Sari Kelurahan Jati Utomo dan kelompok Tani Karang Salam Kelurahan Cengkeh Turi, katanya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020