Bupati Tapanuli Selatan Syahrul menyatakan Umara dan Ulama harus kompak, sebab kekompakan kedunya juga merupakan kunci sukses berjalannya program pembangunan sebuah daerah.

Syahrul menyampaikan hal tersebut saat menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) IX MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Tapanuli Selatan di Aula Pondok Pesantren Jabalul Madaniah Sijungkang, Kecamatan Angkola Timur, Selasa (6/10).

Syahrul dua periode memimpin Tapanuli Selatan tidak pernah lekang terhadap bersama ulama khususnya kepada pengurus MUI. Seperti roadshow Safari Ramadhan, Safari Isra Mikraj, Safari Maulid Nabi Muhammad SAW, Safari Muharram setiap tahun.

Baca juga: Bupati Tapsel sebut pemimpin harus dekat dengan masyarakat

"Selain meningkatkan ukhuwah islamiyah, tujuan kegiatan safari-safari seperti ini dalam rangka mempererat hubungan silaturrahmi juga momen bisa bertatap muka seraya menampung aspirasi masyarakat dalam rangka kelanjutan program pembangunan ke depan," katanya.

Menurut Syahrul bilamana pemimpin dan masyarakatnya termasuk ulama, ormas keagamaan dan lainnya sudah kompak, setidaknya akan berdampak positif ke kemajuan pembangunan.

Sedangkan Ketua DPRD Tapanuli Selatan, Husin Sogot Simatupang, sangat mengapresiasi langkah-langkah atau cara Bupati Tapsel membangun komunikasi yang sangat baik sehingga kekompakan terus terjaga hingga saat ini.

Baca juga: Bupati Tapsel serahkan 2 unit wadah cuci tangan portable untuk dua Gereja di Sipirok

Ketua Majelis Wali Amanat USU, Panusunan Pasaribu, yang hadir dalam kegiatan ini selain memberikan apresiasi juga mengucapkan selamat melaksanakan Musda IX MUI Tapsel dengan harapan berjalan sukses.

"Selain kompak dengan ulama, saya juga bangga kompaknya kerukunan ummat beragama di daerah ini dan bisa menjadi menjadi contoh bagi daerah lainnya khususnya di Sumatera Utara," sebutnya.

Wakil Ketua Umum MUI Sumut, Dr. H. Arso, M.Ag dalam sambutannya tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tapanuli Selatan yang telah mendukung pembangunan Kantor MUI di Sipirok setelah pindah dari Padang Sidempuan.

Sedang Ketua MUI Tapanuli Selatan KH Ahmad Ghozali Siregar, yang juga pimpinan Pondok Pesantren Jabalul Madaniah Sijungkang dalam sambutannya, mengatakan, Musda IX menyatakan kekompakan hubungan antara pemerintah dan ulama seperti ini lanjut terus ditingkatkan.

Turut hadir Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Kepala Kemenag Tapsel, Ketua IPHI Tapsel, Pimpinan Pondok Pesantren se Tapsel, Pimpinan Ormas Islam se Tapsel, DP MUI Kabupaten bersama Pengurus, Ketua Forkala, dan Ketua MUI Kecamatan.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020