Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menyalurkan bantuan bencana alam angin puting beliung yang menimpa 87 kepala keluarga, warga Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat, senilai Rp466 juta.

Penyerahan bantuan itu diberikan langsung oleh Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos RI, M Safii Nasution, di Hinai, Kamis (1/10).

M Safii menyatakan pihaknya menyetujui permintaan yang di sampaikan Wakil Bupati Langkat mengenai kendaraan dapur umum, dimana akan berupaya untuk mengusulkan sehingga dapat disepakati dan disalurkan kepada Pemkab Langkat.

Baca juga: Puluhan rumah di Medan Labuhan rusak diterjang angin puting beliung

Baca juga: Brimob Polda Sumut bantu korban puting beliung di Deli Serdang

Dimana nantinya, bantuan tersebut di salurkan melalui Bank Mandiri, dalam upaya perlindungan sosial bagi korban bencana alam khususnya angin puting beliung di Langkat, Kemensos RI bersama Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara, telah melakukan beberapa langkah penanganan darurat dan penyaluran bantuan dana sosial.

Diantaranya melakukan pengerahan Tagana untuk aktivitas penanganan bencana, pelayanan dapur umum dan layanan dukungan psikososial yang dilakukan oleh Tagana, pendistribusian logistik tanggap darurat dari gudang logistik Pemprovsu, asesment dan pendataan terhadap keluarga korban yang mengalami kerusakan.

Dimana bantuan yang di serahkan dari Kemensos kepada korban bencana Kabupaten Langkat sebanyak Rp.466 juta, katanya.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Langkat Syah Afandin menyampaikan terimakasih kepada Kemensos atas perhatiannya kepada warga Langkat.

Ia mengaku, melihat bencana tersebut, sangat prihatin dan ikut merasakan keadaan yang menimpa warga Hinai di kecamatan Hinai ini, akibat angin puting beliung.

Atas nama Pemkab dan masyarakat Langkat, kami ucapkan terimakasih kepada Kemensos. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan membantu meringankan beban para korban.

Syah Afandin meminta kepada Direktur Kemensos, agar memberikan bantuan berupa kendaraan dapur umum kepada Dinas Sosial Langkat, guna membantu warga Langkat dilokasi musibah, saat terjadinya bencana alam.

Sementara Kepala Cabang Mandiri Stabat Belly Zakaria menjelaskan warga korban bencanabpenerima bantuan Bahan Bangunan Rumah (BBR) sebanyak 87 orang tersebut, menerima bantuannya berupa uang, dengan nilai yang bervariasi disesuaikan dengan tingkat kerusakan.

Penerima bantuan dibagi menjadi delapan kelompok disesuaikan tempat tinggalnya yakni di Desa Tanjung Mulia sebanyak 28 kepala keluarga,  Desa Suka Damai Timur sembilan kepala keluarga, Desa Muka Paya 39 kepala keluarga, Desa Suka Damai lima kepala keluarga, Desa Suka Jadi satu keluarga, Desa Paya Rengas dua keluarga dan Desa Batu Melenggang tiga keluarga.      

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020