Dinilai berhasil baik dalam tata kelola keuangan daerah hingga meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) (lebih) 5 kali secara berturut, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan. selalu tepat waktu

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu, di Sipirok, Rabu (23/9) mengatakan, penghargaan itu diserahkan Menkeu Sri Mulyani pada saat Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 (22-24 September 2020) secara virtual, Selasa (21/9).

Untuk Sumatera Utara sendiri, kata Syahrul, ada lima wilayah yang mendapat WTP 5 kali berturut bahkan lebih yakni Provinsi Sumatera Utara, Dairi, Labuhanbatu Selatan, Tapanuli Selatan dan Tapanuli Utara.

Baca juga: Hujan, Sungai Batang Angkola Tapsel meluap hanyutkan kamar mandi warga dan dek penahan tebing

"Penghargaan yang saya terima ini merupakan motivasi sekaligus mendorong agar raihan WTP seperti ini dapat terus berlanjut ke masa-masa mendatang, sesuai harapan Menkeu," katanya.

Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 ini mengambil tema;" Tantangan Akuntabilitas Keuangan Negara dalam Penanganan Pandemi COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.”

Baca juga: DPP Serma Tapsel ajak masyarakat wujudkan Pilkada 2020 santun dan damai

Menurut Syahrul, keberhasilan meraih opini WTP secara berturut mulai Tahun 2015 hingga sekarang tidak lepas dukungan semua komponen daerah termasuk DPRD, Forkopimda, serta pihak lain yang menggunakan anggaran Pemkab.

"Selain taaat azas dan taat aturan dalam penggunaan anggaran, capaian keberhasilan WTP ini juga tidak lepas dari kerjakeras semua jajaran Pemkab Tapanuli Selatan sehingga pelaporan keuangan selalu tepat waktu," ujarnya.

Sri Mulyani, dalam kesempatan rapat ini juga berharap kepada seluruh peserta rapat yang mengikuti dengan teleconference dari daerah masing-masing juga berharap kepada seluruh daerah agar dapat menyelesaikan temuan-temuan yang direkomendasi oleh BPK secara bersunguh-sungguh dan konprehenship.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020