Ratusan relawan turut berpartisipasi meramaikan Hari Kebersihan Dunia 2020 atau "World Clean Up Day (WCD) 2020" di Kabupaten Tapanuli Selatan.

"Hingga pagi jelang siang ini relawan yang mendaftar lebih kurang sebanyak 150 orang," kata Rizcon salahsatu relawan WCD Tapanuli Selatan kepada ANTARA, Jumat (18/9).

Menurut prediksi dia, jumlah relawan tersebut bakal terus bertambah. Tercatat berasal dari Tapanuli Selatan juga Kota Padang Sidempuan.

"Sambil kamping, nantinya seluruh relawan akan melakukan pembersihan di Kawah Belerang Situmba, Kaki Gunung Sibual-buali, Sipirok. Kegiatan mulai Jumat sore hingga besok, Sabtu sore haru," ujarnya.

Selain membawa kemah para relawan selama kegiatan yang banyak mendapat supoort dari berbagai elemen ini wajibkan membawa peralatan dan logistik masing-masing.

"Kegiatan ini baru kali pertama dilakukan di daerah ini, dan akan menjadi agenda tahunan. Tujuannya mendorong masyarakat agar peduli lingkungan bersih dan sehat," terangnya.

Tujuan lainnya untuk memperkenalkan potensi-potensi obyek wisata Tapanuli Selatan secara umum seperti kawah belerang Gunung Sibual-buali, Sipirok.

Ia menjelaskan, WCD adalah program global yang di Indonesia digalakkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menuju Indonesia Bersih Sampah 2025.

"WCD 2020 akan dilaksanakan dari 13-19 September 2020 adalah hari aksi Bersih Sedunia yang serentak dilakukan di 154 negara dan Indonesia menargetkan 13 juta orang terlibat," ujarnya.

Di Tapanuli Selatan sendiri dilaksanakan dari 18-19 September 2020 di lokasi obyek wisata kawasan balerang Desa Ditumba Julu, Dusun Paringgonan, Kecamatan Sipirok, dan tetap mematuhi protokol kesehatan mengantisipasi pandemi COVID-19.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020