Sebanyak 190 orang masyarakat Sibolga terjaring dalam operasi Yustisi 2020 yang digelar sejak tiga hari yang lalu. Kepada warga yang terjaring diberikan tindakan teguran dan peringatan tertulis dari aparat gabungan TNI/Polri bersama Pemkot Sibolga tersebut.

“Dari 190 orang yang telah ditindak selama tiga hari pelaksanaan kegiatan itu (Operasi Yustisi 2020), 163 orang diantaranya diberikan peringatan tertulis dan 27 orang teguran tertulis,” kata Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi, melalui Kasubbag Humas, Iptu R Sormin, Kamis (17/9/2020).

Diterangkan Sormin, sebelum operasi penindakan, tim gabungan yang terdiri dari Personil Kodim 0211/TT, Lanal Sibolga, Polres Sibolga, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Sibolga, terlebih dahulu menggelar apel bersama di depan kantor Sat Pol PP Sibolga.

Baca juga: Berinisiatif dirikan "Kampung Tangguh" di Sibolga, lurah ini terima penghargaan dari kapolres

Apel itu dipimpin Sekretaris Sat Pol PP Sibolga, Faisal F Lubis, dihadiri Waka Polres Sibolga, Kompol R Sihombing, Kasat Sabhara, Iptu Suparjo, Kasat Lantas, AKP Suprianto Pardjannijadi, Kasubbag Humas, Iptu R Sormin, dan lainnya. Sementara kegiatan razia dipimpin oleh Kabag Ops, Kompol Joni Sirait.

Tim ini turun melakukan razia ke beberapa tempat yang menjadi lokasi kegiatan warga Kota Sibolga, seperti kedai kopi bahagia, kedai kopi Pasar Baru, kedai kopi Kok Tong, Simpang 4 Bapas Sibolga, Tugu BPDSU arah Sibolga Barus dan Perbatasan Sibolga-Tapteng.

“Dalam pelaksaaan kegiatannya dilakukan penindakan, berupa pemberian teguran secara humanis kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker dengan teguran tertulis mencatat identitas sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP),” ucap Sormin.

Selain itu, tim gabungan juga memberikan masker kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker, serta mencek suhu badan masyarakat serta memberikan tindakan persuasif dan edukatif kepada masyarakat pengguna jalan. Selanjutnya, tim gabungan mengimbau masyarakat supaya tetap menggunakan masker untuk menghindari dan menjaga agar kelangsungan klaster COVID-19 tidak menyebar kemana-mana.

“Ada pun jumlah masker yang dibagikan sebanyak 1.000 lembar, dan kegiatan razia akan digelar mulai dari tanggal 14-15 September 2020,” pungkas Sormin.
Ada yang menarik dalam razia ini, di mana tokoh super hero dalam dunia film, seperti Iron Man dan Batman, yang diperankan oleh personel Polres Sibolga dilibatkan dalam operasi ini.
 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020