Kepala Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar Edhi Rahmanto Hidayat memberikan satu lembar Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) kepada Wakil Wali Kota Pematangsiantar Togar Sitorus, Kamis (3/9). 

Penyerahan yang berlangsung di ruang kerja Wakil Wali Kota itu dihadiri Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan, Mardiana  serta Kasubag Dokumentasi Pimpinan, Daniel Purba. 

Baca juga: Pemerintah salurkan BSU kepada pekerja peserta BPJAMSOSTEK

Edhi mengatakan, pemberian itu sebagai bentuk apresiasi Gubernur BI kepada Pemkot Pematangsiantar. Sebelumnya, pada 17 Agustus diberikan kepada Wali Kota H Hefriansyah. 

Secara umum, katanya, jumlah penukaran UPK edisi khusus pecahan Rp 75.000 yang dilakukan masyarakat ke BI Pematangsiantar mencapai 8.783 lembar, 1.993 di antaranya secara perorangan, sedangkan kolektif 6.790 lembar. 

Diinformasikan, untuk pemesanan perorangan melalui aplikasi pintar.bi.go.id telah penuh sampai 30 September sebanyak 5.700 (plafon 300 penukar per hari).

Makanya, masyarakat didorong agar melakukan penukaran kolektif supaya bisa mempercepat pengedaran UPK 75 tahun tersebut. 

Terhitung mulai tanggal 1 Oktober, penukaran juga dapat dilakukan di Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan Bank CIMB Niaga. 

Pihaknya telah menginformasikan adanya mekanisme penukaran secara kolektif kepada perbankan dan instansi di wilayah kerja mencakup Kota Pematangsiantar, Kabupaten Simalungun, Batubara, Asahan dan Labuhan Batu.

Diketahui, pada HUT Kemerdekaan Ke 75 RI, Pemerintah mencetak 75 juta lembar UPK, Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar memperoleh 900.000 lembar. 
 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020