Peringatan detik-detik Proklamasi Hari Kemerdekaan ke 75 Republik Indonesia di Kota Binjai, berlangsung dengan khidmat dengan menerapkan protokol kesehatan (COVID-19), di lapangan Balai Kota Binjai di Jalan Jenderal Sudirman, Senin (17/8).

Upacara berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan hanya diikuti sekitar 50 peserta dari unsur TNI, POLRI, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan BPBD.

Setiap peserta upacara diberi handsanitizer, wajib memakai masker dan berdiri sesuai jarak yang telah ditentukan.

Baca juga: 1.227 narapidana Lapas Kota Binjai dapat remisi

Inspektur Upacara Walikota Binjai Muhammad Idaham SH, MSi yang juga dihadiri oleh Kapolres AKBP Romadhoni Sutarjo, Dandim 0203/ Lkt Letkol Inf Bachtiar Susanto, Kepala Kejaksaan Negeri Binjai Andri Ridwan SH dan Ketua DPRD H Noor Sri Alamsyah Putra.

Dalam upacara tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini pengibaran bendera dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang terdiri dari 10 orang pelajar dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Binjai.

Upacara dimulai dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD H Noor Sri Alamsyah  Putra.

Dilanjutkan mengheningkan cipta dipimpin Inspektur Upacara untuk mengenang perjuangan para pahlawan, pendahulu bangsa yang berjuang menghantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan, sebagaimana tertulis di dalam teks proklamasi. 

Momen yang paling ditunggu pada setiap upacara peringatan detik-detik Proklamasi adalah prosesi pengibaran bendera Merah putih oleh para pelajar yang tergabung dalam pasukan pengibar bendera.

Namun  pada  upacara kali ini, prosesi  pengibaran bendera   disederhanakan  dan hanya  berlangsung  singkat. Salah satu bagian yang ditiadakan adalah penyerahan bendera merah putih oleh inspektur upacara kepada petugas  pembawa  baki.   

Bertindak sebagai  pembawa bendera  Nazla Ghassani Irtifa, sedangkan penggerek dan pengulur bendera  Henry Pramana dan Agung Krisnawan. 

Usai upacara di lapangan Balai Kota, Walikota Binjai mengikuti upacara peringatan ke 75  Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta secara virtual dari ruangan Binjai Command Center (BCC). 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020