Program Beasiswa Martabe Prestasi 2020 kembali disalurkan oleh PT Agincourt Resources (PT AR) sebesar Rp876,9 juta.

"Program ini tetap diselenggarakan rutin setiap tahun sejak 2017 di mana tahun ini total nilai beasiswa sebesar Rp 876,9 juta," kata Direktur Operasional PT AR Darryn MC Clelland, Senin.

Ia mengatakan pendidikan merupakan salah satu dari lima sektor utama sasaran program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat Tambang Emas Martabe. 

Program ini adalah untuk meningkatkan akses pendidikan bagi siswa-siswi berprestasi dan berkomitmen tinggi yang berasal dari keluarga pra-sejahtera di Kecamatan Batangtoru dan Kecamatan Muara Batangtoru.

Baca juga: Tambang Emas Martabe lakukan pengawasan dan pemantauan air sisa proses

Tahun ajaran baru ini, total penerima manfaat mencapai 200 siswa, di mana 151 orang di antaranya merupakan penerima manfaat baru dan 49 orang lainnya adalah penerima manfaat lanjutan.

"Tambang Emas Martabe ingin membantu siswa-siswi di Batangtoru dan Muara Batangtoru untuk mencapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi," katanya.

Sejak 2017 hingga tahun ini, jumlah penerima Beasiswa Martabe Prestasi sudah mencapai 721 orang dengan total nilai beasiswa lebih dari Rp2 miliar. 

Baca juga: Tambang Emas Martabe serahkan APD COVID-19 untuk Rumkit TNI AD Padangsidimpuan

Adapun pada tahun ini, kategori penerima Penghargaan Prestasi Akademis Beasiswa Martabe Prestasi 2020 terdiri dari 84 orang pelajar SD atau sederajat dan 37 orang pelajar SMP atau sederajat. 

Sementara itu, untuk kategori penerima penghargaan Prestasi Berkelanjutan Beasiswa Martabe Prestasi terdiri dari pelajar SMA atau sederajat tujuh orang, SMA Negeri 2 Plus Sipirok sembilan orang, mahasiswa di universitas di wilayah Tabagsel lima orang, dan mahasiswa di universitas di wilayah non Tabagsel sembilan orang.

Hal yang membanggakan dari program beasiswa tahun ini adalah peningkatan jumlah secara signifikan untuk siswa-siswi yang diterima di SMA Plus Sipirok, yakni 9 orang dari tahun lalu hanya 2 orang. 

Sementara untuk mahasiswa perguruan tinggi negeri tingkat nasional juga mengalami peningkatan. 

"Seluruhnya adalah para pelajar yang telah lolos beberapa tahapan seleksi ketat yang kami lakukan. Kami berharap penerima beasiswa dapat memanfaatkannya dengan maksimal dan menjadikannya pendorong untuk pencapaian pendidikan yang lebih baik," katanya.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020