Satu lagi warga Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, dinyatakan positif COVID-19 hasil Swab RT-PCR Laboratorium RS USU Medan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Tapanuli Tengah, yang juga Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, didampingi Wakil Bupati, Ketua DPRD Tapteng, Wakil Ketua DPRD, Kadis Kesehatan, Direktur RSU Pandan, dan Kepala BPBD, saat temu pers dengan wartawan di rumah dinas Bupati, Jumat (17/7) malam sekira pukul 22.00 WIB.

“Sesuai dengan isi surat dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara yang kami terima, bahwa satu orang Pasien Dalam Pemantauan (PDP) berinisial AF (40), jenis kelamin laki-laki, warga Poriaha, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, dinyatakan positif sesuai hasil swab RT-PCR Laboratorium RS USU Medan,” terang Bakhtiar.

Baca juga: Satu lagi warga Tapteng dinyatakan positif COVID-19

Dalam surat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi itu dijelaskan, bahwa sempel swab terhadap pasien diambil tanggal 8 Juli 2020, dan hasilnya keluar tanggal 14 Juli 2020.

Ada pun tindakan yang dilakukan oleh Gugus Tugas Kabupaten Tapanuli Tengah, merujuk langsung pasien ke rumah sakit rujukan di Medan.

Sedangkan terhadap keluarga pasien yang kontak langsung, sudah dikarantina di gedung Akper setelah dilakukan tracing (pelacakan) dan rapid test.

Untuk itulah Bupati mengingatkan masyarakat Tapteng agar tetap waspada dan tidak menganggap remeh dan ketakutan berlebihan terhadap COVID-19.

“Mari kita patuhi protokoler kesehatan dengan rajin mencuci tangan, memakai masker, jaga jarak, dan jauhkan diri dari tempat-tempat keramaian atau kerumunan,” imbuh Bupati.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020