BMKG Deliserdang, Sumatera Utara, memasang Smart Display Warning Receiver System New Generation (WRS New Gen) atau alat pendeteksi gempa bumi di Kabupaten Humbang Hasundutan.

"Alat pendeteksi gempa di Kabupaten Humbang Hasundutan di pasang di kantor bupati setempat," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Deliserdang Teguh Rahayu saat dihubungi dari Medan, Senin.

Baca juga: BMKG Deliserdang pasang alat pendeteksi gempa di Tapanuli Utara

Baca juga: BMKG Deliserdang pasang alat pendeteksi gempa terbaru di pantai timur

Teguh Rahayu menjelaskan, Kabupaten Humbang Hasudutan merupakan wilayah yang berada pada zona sesar Sumatera dan patahan lokal Renun A.

Untuk itu sangat diperlukan pemasangan Smart Display WRS New Gen sebagai upaya percepatan diseminasi informasi gempa bumi dan tsunami kepada seluruh stakeholder di daerah Kabupaten Humbang Hasudutan.

WRS New Gen di Kantor Bupati Humbang Hasudutan merupakan pemasangan ke lima dari rencana 11 WRS New Gen yang akan dipasangan di Sumatera Utara.

Pemasangan WRS New Gen ini, langsung diterima oleh Kepala Pelaksana BPBD Humbang Hasudutan Tumbur Hutagaol yang dalam kesempatan itu memberikan apresiasi kepada BMKG atas pemasangan alat tersebut.

"Dengan adanya alat tersebut tentunya kita akan lebih cepat mengetahui jika terjadi gempa bumi dan bisa secepatnya melakukan antisipasi agar lebih meminimalisir dampak kerugian baik material maupun korban jiwa," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020