BMKG Deliserdang memasang instalasi Smart Display Warning Receiver System New Generation (WRS New Gen) di Kantor Bupati Labuhanbatu menyusul telah terpasangnya alat yang sama di sejumlah daerah di Sumatera Utara sebagai pendeteksi dini gempa dan tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG DeliserdangTeguh Rahayu yang dihubungi dari Medan, Senin, mengatakan, WRS New Gen memiliki fungsi yang interaktif dan fitur-fitur yang inovatif sebagai perangkat dalam sebaran informasi dini gempa bumi dan tsunami.

"Smart Display WRS New Gen di Labuhan Batu sudah terpasang dan beroperasi dengan baik," katanya.

Baca juga: BMKG catat 33 titik panas terpantau di Sumatera Utara

Ia mengatakan sebagai upaya percepatan diseminasi informasi gempa bumi dan tsunami kepada seluruh stakeholder di daerah, diperlukan koordinasi dan kerja sama yang baik antarkelembagaan untuk penanganan bencana.

"Sehingga memberikan manfaat nyata dalam menyelamatkan masyarakat Indonesia dari bencana," katanya.

Baca juga: BMKG Deli Serdang survei lanjutan pemasangan digital accelograph

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu, Ahmad Mulfi yang menerima langsung peralatan WRS New Gen tersebut memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada BMKG.

Ia juga menyampaikan harapan Labuhanbatu sebagai stakeholder BMKG dapat menerima informasi penyebaran gempa bumi dan tsunami secara real time untuk mengambil langkah penting selanjutnya.

"Tentunya ke depan diharapkan jika terjadi gempa bumi, kita semua akan cepat mendeteksinya dan tentunya juga diharapkan dengan demikian akan mengurangi dampak korban jiwa," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020