Kakansar Nias M Agus Wibisono melalui Korpos SAR Sibolga Hari Susanto menyampaikan imbauan kepada nelayan, masyarakat dan wisatawan terkait cuaca ekstrim yang sedang terjadi belakangan ini di perairan Pantai Barat Sumatera Utara.

Ada pun isi imbauan tersebut adalah, sebelum pergi melaut atau piknik agar memastikan data terbaru perkiraan cuaca BMKG. Hal itu dapat dilihat melalui aplikasi di ponsel smart phone.

Memastikan kapal yang ditumpangi kondisi layak jalan, dan memiliki alat pengaman diri seperti life jaket /pelampung dan alat Navigasi GPS, Radio Marine.

Baca juga: Waspadai fenomena cuaca ekstrem di musim pancaroba

Pastikan jumlah penumpang sesuai bobot kapal yang ditumpangi sehingga  tidak over load. Selain itu juga juga, tidak dibenarkan berada di atas kapal jika tidak menggukan pelampung. Dan jangan sampai lupa untuk berdoa.

“Harapan kami imbauan ini dapat dipatuhi melihat kondisi cuaca yang terjadi belakangan ini di Pantai Barat Sumatera Utara. Mari kita sama-sama menjaga keselamatan diri dan keluarga kita,” pesan Hari melalui pesan singkatnya yang diterima ANTARA, Rabu (24/6).

Sementara itu hasil amatan pagi ini, terjadi angin kencang di sekitaran Pandan sekira pukul 09.50 WIB.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020