Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) melantik seluruh anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada serentak 2020 secara serempak di seluruh 15 Kecamatan di Wilayah itu.

"Pelantikan 744 orang jumlah PPS tersebut kita tetap memerhatikan protokol kesehatan ditengah COVID-19," Ketua KPU Tapanuli Selatan, Panataran Simanjuntak menghubungi ANTARA usai melantik, Senin (15/6).

Sesuai instruksi Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu selaku Ketua TGPP COVID-19 semua lokasi pelantikan dilengkapai termo gun, hand sanitazer, air dan cuci tangan sesuai protokol kesehatan mencegah COVID-19.

Baca juga: KPU Medan kembali aktifkan PPK

Proses pelantikan seluruh 744 anggota PPS dilakukan oleh kelima Komisioner KPU di masing-masing wilayah Kecamatan di daerah itu dihadiri anggota PPK.

Komisioner KPU Panataran Simanjuntak melantik di Kecamatan Batang Toru, Marancar, dan Muara Batang Toru. Komisoner KPU Efendi Rambe di Angkola Selatan, Angkola Barat, dan Angkola Sangkunur.

Baca juga: KPU Kota Medan lantik PPS di 5 zona

Komisioner KPU Syawaluddin Lubis melantik di Angkola Muara Tais, Angkola Timur, dan Sipirok, Komisioner KPU Zulhajji Siregar di Arse, SD.Hole, dan Aek Bilah, sedang Komisioner Kemri Syafii di Batang Angkola, Sayur Matinggi, dan Tano Tombangan Angkola.

Dasar pelantikan menurut Ketua KPU surat edaran KPU RI Nomor 441/PL.02-SD/01/KPU/VI/2020 tentang pengaktifan kembali PPK dan PPS Pemilihan umum serentak Tahun 2020.

"Tahapan berikutnya sesuai PKPU nomor 5 tahun 2020, KPU akan mengadakan sosialisasi, bimtek pemutakhiran data pemilih, dan lainnya," katanya.

KPU Tapanuli Selatan juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran Polres Tapanuli Selatan, unsur TNI, dan Puskesmas yang telah mengawal pelantikan anggota PPS yang berjalan sukses.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020