Sebanyak 14 dari 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara hingga pekan ini masih belum tertular COVID-19, ditandai belum ada pasien positif corona jenis baru itu di daerah tersebut.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah di Medan, Rabu, menyebutkan berdasarkan data, ada 19 daerah di Sumut yang memiliki pasien positif COVID-19, sedangkan 14 lainnya tidak terserang pandemi virus itu.

Sebanyak 14 daerah yang tidak memiliki pasien positif COVID-19, yakni Sibolga, Tapanuli Tengah, Nias, Nias Barat, Nias Utara, Nias Selatan, Gunung Sitoli, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Labuhanbatu Selatan, , Batubara, Padanglawas, dan Padanglawas Utara.

Baca juga: Jumlah WNI positif COVID-19 di luar negeri tembus angka 1.000

"GTPP COVID-19 Sumut berharap masyarakat daerah itu terus tetap tidak terpapar virus corona," katanya.

Untuk 19 kabupaten/kota yang terpapar COVID-19 diharapkan pasien positifnya berkurang.

"Memang ada tren penambahan pasien positif di Sumut sehingga perlu perhatian serius dari masyarakat," katanya.

Baca juga: Empat personel Polres Sibolga dinyatakan reaktif COVID-19 hasil "rapid test"

Masyarakat diminta disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan mulai tetap menggunakan masker, menghindari keramaian, menjaga kebersihan dan kesehatan.

Jumlah pasien positif COVID-19 di Sumut hingga Selasa (9/6) 619 orang, terbanyak di Kota Medan 421 orang, Deliserdang 87 orang, Pematangsiantar 34 orang, dan Simalungun 22 orang.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020