Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menjalin kerja sama dengan Pemkab Batubara dalam bidang pengembangan sumber daya manusia yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara kedua pihak.

Rektor UISU Dr Yanhar Jamaluddin di Medan, Kamis, mengatakan kerja sama dengan pemkab tersebut sangat penting bagi perguruan tinggi dalam memberi sumbangan pengetahuan di berbagai bidang, sehingga perguruan tinggi tidak hanya sebagai menara gading.

Baca juga: Ditengah COVID-19, 181 mahasiswa UISU dilantik menjadi dokter melalui virtual

Baca juga: UISU salurkan donasi untuk warga terdampak COVID-19

Dalam naskah kerja sama yang ditandatangani para pihak itu, disebutkan bahwa objek kerja sama meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan sumber daya dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Batubara.

Setidaknya ada delapan ruang lingkup kerjasama yang dituangkan dalam naskah kerjasama itu, di antaranya pendidikan, penelitian, pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat.

Juga seminar, publikasi, penerbitan dan lokakarya termasuk survei dan pemetaan serta kegiatan lain yang disepakati para pihak.

Rektor berharap momen yang terjadi tidak hanya sekedar penandatangan MoU, tetapi lebih penting adalah kelanjutan serta wujud nyata kerja sama antara UISU dan Pemkab Batubara.

"Banyak hal yang bisa dikerjasamakan baik di bidang penelitian maupun dalam bidang peningkatan sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat. Kerjasama dalam hal penelitian secara langsung akan membantu guna memperkenalkan Kabupaten Batubara ke dunia internasional melalui tulisan hasil penelitian di jurnal internasional," katanya.

Sementara Bupati Batubara Ir. Zahir, MAP mengatakan pihaknya sangat bangga bisa menjalin kerjasama dengan UISU sebagai perguruan tinggi tertua di Sumatera Utara.

Menurut dia banyak kerjasama yang dapat dilakukan dalam rangka kemajuan bagi Pemerintahan Kabupaten Batubara.

"Saya yakin pembangunan yang didahului dengan penelitian akan memberi hasil yang lebih baik," katanya.

Ia juga memberi sinyal bagi UISU untuk melakukan penelitian di bidang kepuasan masyarakat terhadap pembangunan Kabupaten Batu Bara, termasuk juga di bidang lain seperti pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia khususnya ASN.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020