Jumlah pasien positif COVID-19 di Kabupaten Asahan bertambah dari seorang warga Dusun IV desa Rawang Pasar V, Kecamatan Rawang Panca Arga.

Dengan demikian, total jumlah warga Asahan yang terkonfirmasi positif terpapar COVID-19 menjadi 5 orang.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Asahan, Rahmat Hidayat Siregar, Jumat (29/5), mengatakan, setelah menjalani uji swab, CM (21) yang bekerja sebagai analis tenaga medis di Laboratorium RS Grand Medistra Kabupaten Deli Serdang dinyatakan positif COVID-19 

"Kini CM dirawat di RS GL Tobing. Dia sudah tidak pulang ke Asahan sejak Oktober 2019," ujarnya.

Baca juga: Anggaran COVID-19 Asahan bertambah menjadi Rp63 miliar

Hidayat yang juga Kepala Dinas Kominfo Asahan menjelaskan, pada 23 Mei 2020 CM yang tidak mengalami gejala berinisiatif memeriksakan dirinya dengan rapid testl dan hasilnya reaktif, sehingga RS Grand Medistra merujuknya ke RS GL Tobing untuk pemeriksaan lanjutan.

Setelah ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP), kini CM dinyatakan positif COVID-19.

Baca juga: Pemkab Asahan akan salurkan bantuan dampak COVID-19

Hidayat menyebutkan, informasi yang diterimanya CM dalam kondisi baik dan menjalani isolasi serta perawatan di GL Tobing. Sedangkan untuk tidak lanjut, walaupun yang bersangkutan tidak ada pulang ke Asahan, namun pendataan tetap dilakukan terhadap anggota keluarganya.

"Protokol COVID-19 tetap kita lakukan kepada keluarga untuk antisipasi dini, walaupun yang bersangkutan tidak ada pulang kampung ke Asahan," jelas Hidayat.

Terkait data COVID-19, Hidayat mengatakan sejauh ini positif menjadi 5 orang, dengan rincian 1 orang masih dirawat, 3 orang sembuh, dan 1 orang meninggal dunia. 

Sedangkan dari PDP yang sebelumnya sebanyak 5 orang, 4 orang dinyatakan tidak terpapar COVID-19,  dan hanya tersisa 1 orang yang kini menunggu hasil swab. Sementara ODP tersisa 4 orang. 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020