Bupati Asahan, H Surya BSc melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Dukcapil).

" Kita mau lihat langsung pelayanan yang dilakukan Capil. Ternyata masih baik," ucap Surya, Rabu (27/5) saat berada di kantor Dukcapil setempat.

Surya yang didampingi Kepala Dinas Dukcapil, Supriyanto dan sejumlah asisten dan Kadis Kominfo menjelaskan pelayanan dokumen kependudukan sedikit berbeda selama pandemi virus corona  (COVID-19). 

Baca juga: Sidak dan apel tidak dilakukan Pemkab Asahan

Baca juga: Bupati Asahan larangan ASN mudik

Bupati meminta Dukcapil tetap melakukan protokol kesehatan. Diantaranya psysical distancing, cuci tangan pakai sabun di air mengalir dan gunakan masker.

Selain itu, kata Surya Dukcapil juga melakukan pelayanan dengan menggunakan media sosial berupa WhatsApp, hal ini dilakukan agar mengurangi pertemuan dengan masyarakat sehingga penularan virus bisa terputus.

" Kita berharap masyarakat bisa memanfaatkan sistem yang  diterapkan Dukcapil," ujar Surya.

Sementara itu, Supriyanto menambahkan bahwa di kondisi seperti sekarang, pihaknya tetap membuka pelayanan. Hal ini menyesuaikan dengan instruksi Kementerian Dalam Negeri khususnya Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

" Kini ketersedian balngko KTP dan blangko lainnya masih tersedia," ujar Supriyanto.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020