Puskesmas Kota Matsum, Jalan Amaliun, Kecamatan Medan Area, ditutup sejak Rabu (27/5). Penutupan dilakukan setelah kepala puskesmasnya dinyatakan positif terpapar virus corona atau COVID-19 berdasarkan hasil swab melalui metode PCR (Polymerase Chain Reaction).
 
Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Medan dr Mardohar Tambunan mengatakan, selama penutupan pelayanan puskesmas akan dialihkan ke Puskesmas Medan Area Selatan dan Puskesmas Sukaramai.

Baca juga: Satu lagi Kepala Puskesmas di Medan positif COVID-19, total dua orang

Baca juga: Kepala Puskesmas PB Selayang II Medan positif COVID-19, layanan dialihkan sementara
 
"Ini bukan di lockdown tapi pengalihan sementara untuk pelayanan karena salah satu tenaga medis terpapar virus corona," katanya. 
 
Dengan ditutupnya Puskesmas Kota Matsum, sehingga total puskesmas di Kota Medan yang ditutup sementara karena dampak virus COVID-19 berjumlah dua puskesmas.

Baca juga: Kepala Puskesmas PB Selayang Medan positif COVID-19
 
Sebelumnya, Puskesmas PB Selayang II Medan yang ditutup sejak pada Selasa (26/5) ini dilakukan setelah Kepala Puskesmas PB Selayang II Medan dr Zaenab Mahyuni dinyatakan positif COVID-19.
 
Selama penutupan, akan dilakukan sterilisasi untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 di dua puskesmas tersebut," demikian dr Mardohar Tambunan.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020