Kepala Kantor Pos Cabang Tarutung, Nia Angriany Pardede mengungkapkan, pihaknya telah dan sedang menyalurkan bantuan sosial tunai dari Kementerian Sosial RI senilai Rp.600 ribu per kepala keluarga untuk wilayah Kabupaten Tapanuli Utara dan Humbanghasundutan.

"Sesuai data, terdapat sebanyak 12.663 KK di Taput dan 6.650 KK di Humbahas sebagai penerima bansos tunai," terang Nia Angriany kepada ANTARA, Selasa (12/5).

Baca juga: Kapolres Taput AKBP Horas Marasi Silaen dimutasi, Sertijab 18 Mei 2020

Baca juga: Kejar opini WTP ke-7, Bupati Taput tekankan penyempurnaan laporan


Menurutnya, jumlah penerima bansos tersebut sangat dimungkinkan bertambah.

Penyaluran bansos dimaksud dimulai pada Sabtu, 9 Mei 2020, untuk bantuan tahap pertama April 2020.

"Bansos ini merupakan bantuan untuk bulan April, dimana pada tahap pertama ini, penerimanya masih sebanyak 12.663 di Taput dan sejumlah 6.650 KK di Humbahas, sesuai data yang masuk," jelasnya.

Penyaluran bansos direncanakan akan rampung dalam 14 hari demi mengantisipasi terjadinya kerumunan masyarakat saat melakukan pengambilan bantuan.

Strategi penyaluran dilakukan dengan memberdayakan Kantor Pos Unit di setiap kecamatan.

"Setiap Kantor Pos Unit menyalurkan bantuan di wilayahnya masing-masing dengan sistem bergilir untuk setiap desa maupun kelurahan," urainya.

Sementara, untuk menjangkau warga desa yang jauh dari posisi kantor pos, penyaluran akan dilakukan melalui sistem komunitas desa, dimana petugas kantor pos akan menyambangi keluarga penerima secara langsung.

"Bagi penerima yang tidak bisa hadir karena sakit juga akan diantarkan langsung," tukasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020