Dewan Perpustakaan Provinsi Sumatera Utara mengimbau masyarakat tetap menggelorakan literasi, yakni meningkatkan minat baca dengan membaca buku- buku bermutu di rumah dan membuat tulisan yang bermanfaat.

"Di masa pandemik COVID-19 ini, minat baca dan tulis menulis harus terus digelorakan. Masyarakat harus mengisi waktu di rumah saja (stay at home) dengan hal yang bermanfaat agar gelora literasi di Sumut tetap menyala," kata Ketua Dewan Perpustakaan Sumut Prof Hasim Purba di Medan, Senin.

Prof Hasim juga menegaskan, Dewan Perpustakaan mendorong perpustakaan-perpustakaan daerah untuk tetap memberikan layanan kepada masyarakat.

Baca juga: Pemprov Sumut jamin stok daging sapi hingga Idul Fitri

Apabila dimungkinkan, operasional Perpustakaan daerah tetap buka secara terbatas dan apabila tidak memungkinkan harus tetap mengoptimalkan layanan dalam jaringan (online service) atau perpustakaan digital.

Prof Hasim Purba menjelaskan, Anggota Dewan Perpustakaan Periode 2020-2023 telah resmi diumumkan dan telah mendapat SK dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi terhitung April 2020.

Baca juga: Pemprov Sumut bersiap gelar operasi pasar gula pasir

"Setelah menerima SK, kami langsung menggelar rapat via Skype untuk merespons layanan perpustakaan di masa pandemi COVID-19," ujarnya.

Hasil rapat tersebut, Dewan Perpustakaan Sumut merekomendasikan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut untuk menempatkan petugas pelayanan yang kompeten untuk secara khusus menangani layanan perpustakaan digital.

Dewan Perpustakaan Sumut juga mengimbau agar dinas mengembangkan berbagai pelatihan daring terkait minat baca, literasi dan kecakapan menulis, juga mengembangkan kerja sama strategis di bidang perpustakaan digital dan pelatihan daring.

"Kami juga mengimbau agar perpustakaan kabupaten/kota melakukan hal yang sama dengan Perpusda Provsu dalam mengaktifkan layanan perpustakaan digital," tegasnya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020