Bupati Asahan, H Surya BSc berharap kepada seluruh pengurus masjid dan musholla untuk menekankan penyebaran wabah virus corona (COVID-19)

Untuk menekan penyebaran COVID-19 di lingkungan masjid dan musholla, Surya berharap masjid menjalankan protokol COVID-19. Diantaranya mempercepat pelaksanaan sholat taraweh, gunakan masker, lantai sudah steril, tidak bersentuhan,bila sakit tidak usah ke masjid.

"Mari kita bersama sama berikhtiar dan berdoa semoga virus ini hilang di daerah Asahan, " ucap Surya, Rabu (29/04/2020) saat mengunjungi masjid Al Falah, Desa Manis, Kecamatan Pulau Rakyat.

Baca juga: Safari ramadhan Pemkab Asahan dilaksanakan waktu sholat dzuhur

Baca juga: Kadis KBP3A Asahan dan istri sembuh dari COVID-19

Jemaah  yang berstatus ODP, PDP dan OTG dilarang untuk menghadiri sholat  berjamaah.

Menyiapkan tempat cuci tangan, tidak menggunakan karpet dan jamaah diharapkan membawa sajadah sendiri dan lainya.

Surya menjelaskan pelaksana Safari Ramadhan tahun ini berbeda dikarenakan pandemi COVID-19. Kalau sebelumnya dilakukan saat waktu pelaksanaan sholat taraweh, namun safari saat ini dilakukan saat waktu sholat dzuhur.

Tim safari akan mengunjungi 202 masjid dan musholla selama 2 hari. Dan masing-masing tim akan memberikan bantuan berupa jam digital dan bantuan uang tunai.

Sementara itu, kegiatan dirangkai dengan tausiah singkat oleh Ketua MUI Asahan , H Salman Abdulah Tanjung tentang cara umat muslim menghadapi pandemi COVID-19.

Beliau mengajak kepada seluruh jamaah untuk melaksanakan ibadah puasa dengan penuh kesabaran dan keikhlasan sehingga ibadah puasa yang kita jalankan diterima oleh Allah SWT.

"Melaksanakan ibadah tetap melaksanakan himbauan yang telah diberikan oleh pemerintah sehingga kita dapat memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Asahan," ujar Salman

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020