Petani di Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, melakukan panen perdana bawang merah yang dirangkai dengan pencanangan agriwisata di kecamatan tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Serdang Bedagai, Radianti Panjis di Perbaungan, Kamis, mengatakan, di kabupaten itu terdapat kurang lebih 8 sampai 10 kecamatan yang sudah mengembangkan bawang merah dan setiap tahun mendapatkan bantuan dari Dinas Pertanian Sumatera Utara.

Selain panen bawang merah juga dilakukan panen tomat yang ditanam di wilayah perkotaan atau agrotani.

Baca juga: 4 TKI masuk karantina di Tebing Tinggi, 3 di antaranya warga Sergai

Selain itu ada komoditas jahe, cabai merah, nanas serta lainnya yang menjadi bagian dari produksi Kelompok Tani Holtikultura Mandiri Kecamatan Dolok masihul.

Selain di Dolok Masihul pada hari yang bersamaan juga sedang berlangsung penyerahan 1 ton bibit bawang merah untuk ditanam oleh petani.

"Insya Allah ke depan kita optimistis bisa mendapatkan predikat sebagai Kabupaten Swasembada bawang merah," katanya.

Baca juga: Pemkab Sergai intensifkan penanganan COVID-19

Dalam kesempatan itu ia juga menyebutkan Kabupaten Serdang Bedagai baru mendapat kabar bahagia lain dengan ditetapkannya ubi kayu vaietas "Gondo Surawijaya" sebagai salah satu varietas lokal yang diakui oleh pemerintah.

Pengakuan tersebut lewat surat tanda daftar varietas tanaman No: 1402/PVL/2020 bertanggal 29 Januari 2020 yang dirilis oleh Pusat perlindungan Varietas Tanaman Pangan dan Perizinan Pertanian kementerian pertanian,

"Dengan ini Gondo Surawijaya dicatat dalam daftar umum perlindungan varietas tanaman serta diumumkan dalam berita resmi," katanya.

Baca juga: Pemkab Sergai apresiasi panen raya padi di Dolok Masihul

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020