Ikatan Alumni SMA Negeri 1 (Smansa) Medan menyalurkan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis rumah sakit dan puskesmas serta paket sembako untuk masyarakat dalam rangka penanggulangan pandemi COVID-19 di wilayah Kota Medan.

Bantuan APD diserahkan kepada para petugas medis Rumah Sakit USU dan Puskesmas yang menangani kasus COVID-19 sedangkan sembako diberikan kepada masyarakat yang terdampak karena COVID-19.

Baca juga: UMSU dan UPM luncurkan buku medis pandemik Dunia Islam

Baca juga: Edy Rahmayadi dilantik sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Smansa

"Aksi yang kita lakukan ini adalah melakukan penyerahan donasi "Bersatu Melawan Corona" sebagai bentuk kepedulian kami para alumni SMA Negeri 1 Medan terhadap tenaga medis dan masyarakat karena dampak COVID-19," kata Sekretaris Umum Ikal Smansa Meike Tri Suci di Medan, Kamis (16/4).  

Ikal Smansa Medan menyalurkan APD berupa baju Azmat sebanyak 100 buah, 26 kotak masker medis, 50 kotak sarung tangan medis, 50 buah kacamata Google dan 142 buah penyanitasi tangan atau 'hand sanitizer' ke Rumah Sakit USU, Puskesmas Medan Teladan, Puskesmas Medan Deli dan Puskesmas Bestari Medan Petisah.

Sedangkan paket sembako sebanyak 300 bungkus dan 600 buah masker scuba diberikan melalui kantor kecamatan Medan Barat, kecamatan Medan Selayang, kecamatan Medan Denai dan kecamatan Medan Helvetia yang dilakukan secara simbolis oleh Camat dan Sekretaris Camat.
 
Foto kolase pengurus Ikal Smansa Medan menyalurkan bantuan APD dan sembako kepada Puskesmas dan Kantor Kecamatan di Medan, Kamis (16/4). (ANTAAR/HO). 

Kegiatan penyerahan APD Ikal Smansa Medan yang digelar di Posko COVID-19 Rumah Sakit USU dihadiri oleh Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, Direktur Umum RS USU Dr dr Syah Mirsa Warli, Direktur Pelayanan Medis dan Keperawatan RS USU dr Riyadh Iksan, SpKK.

Sedangkan di posko COVID-19 puskesmas Pemko Medan diterima oleh Kepala Puskesmas Medan Teladan dr Puspuji Astuti (alumni Smansa 86), Puskesmas Bestari Medan Petisah drg Okty (alumni Smansa 83) dan Kepala Puskesmas Medan Deli dr Nurlelin Sinaga. 

Kemudian untuk pemberian sembako kepada masyarakat secara simbolis diserahkan melalui Camat Medan Selayang Sutan T Lubis (alumni Smansa 98), Camat Medan Denai Ali Sipahutar (alumni Smansa 98), Camat Medan Helvetia Andi Mario Siregar (alumni Smansa 95), Camat Medan Barat Rudi Faizal Lubis didampingi bersama Sekretaris Camat Medan Barat Baharuddin Ritonga (alumni Smansa 98) serta Sekretaris Camat Medan Timur Noor Alfie Pane (alumni Smansa 95). 

Pemberian bantuan ini merupakan bantuan dan donasi dari para alumni atau yang pernah bersekolah di SMA Negeri 1 Medan yang peduli terhadap para tenaga medis yang berjuang setiap harinya dalam penanganan pasien COVID-19 serta masyarakat yang terimbas pada perekonomian karena COVID-19.

Sebelumnya Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang juga sebagai Ketua Umum Ikal Smansa Medan juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengantisipasi mewabahnya virus COVID-19 di Sumatera Utara agar bersama-sama memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 untuk menjauhi lokasi keramaian, tetap di rumah serta menjaga kebersihan dan meningkatkan imunitas tubuh.
 

Pewarta: Septianda Perdana

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020