Manajer PLN Rayon Tarutung, Adnan mengungkapkan, pihaknya akan menggratiskan tagihan listrik bagi 21.569 pelanggan pengguna daya listrik 450 Volt Ampere, serta subsidi bagi 1.963 pelanggan pengguna daya listrik 900 VA di wilayah kerjanya yang meliputi Kecamatan Tarutung, Siatas Barita, Sipoholon, Parmonangan, Siatas Barita, Pahae Julu, Pahae Jae, Purbatua, dan Simangumban.

"Untuk wilayah pelayanan PLN Rayon Tarutung, ada sebanyak 21.569 pelanggan 450 VA, dan 1.963 pelanggan dengan daya 900 VA," terang Adnan memaparkan kondisi pelanggannya via pesan elektroniknya kepada ANTARA, Senin (6/4).

Baca juga: Warga cemaskan karyawan SOL sebar COVID-19 di Pahae, ini penjelasan Bupati Taput dan perusahaan

Kata dia, surat pemberitahuan kepada pihaknya memang belum turun meski sebagian penerima sudah bisa dicek di web www.pln.co.id, melalui menu stimulus/diskon.

Senada, Humas PLN Area Sibolga, Marfin Tanjung menegaskan, penerapan listrik gratis telah tertuang dalam keterangan resmi PLN No.092.PR/STH.00.01/IV/2020, pada 2 April 2020.

Baca juga: Rencana tes massal hingga pasien PDP dinyatakan negatif di RSUD Tarutung

Baca juga: Skenario terpahit atasi COVID-19, Bupati Nikson: Satu positif, Taput lockdown

Dikatakan, realisasi program tersebut merupakan dukungan atas kebijakan Presiden Joko Widodo terkait pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 VA dan pemberian keringanan tagihan 50 persen kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA. 

PLN menyiapkan mekanisme atau cara mendapatkan program tersebut, dimana untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni 2020. 

Sementara untuk pelanggan pra bayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id  Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir. 

"Sedangkan diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50 persen," jelasnya. 

Bagi pelanggan prabayar, kata dia, token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Proses tersebut akan tuntas dalam sepekan ke depan agar seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020