Mahasiswa Universitas Sumatera Utara melaksanakan perkuliahan secara online (daring) untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19) di lingkungan kampus perguruan tinggi negeri tertua di luar Pulau Sumatera itu.

"Selain itu kegiatan bimbingan Tugas Akhir juga dilaksanakan secara daring, dan sudah mulai dilaksanakan sejak 17 Maret lalu," kata Kepala Humas dan Protokoler USU Evi Sumanti, di Medan, Kamis (2/4).

Kebijakan itu tertuang dalam Surat Edaran Rektor USU Nomor:3195/UNS/1/R/KPM/2020 tentang Kewaspadan dan Pencegahan Penyebaran Infeksi Corona Virus Disease (COVID-19).

Baca juga: Tim gabungan lakukan penyemprotan disinfektan di USU

Evi menyebutkan, kegiatan kuliah online dapat dilaksanakan melalui platform E-Learning USU pada laman https://elearning.dev.usu.ac.id atau berbagai platform dan media lainnya seperti google classrooms dan zoom.

Sedangkan penyelenggaraan kegiatan dalam bentuk praktik lapangan di masyarakat seperti Kuliah Kerja Nyata dan Praktik Belajar Lapangan dijadwal ulang dan menggantinya dengan metode pembelajaran lain.

Baca juga: USU applies e-learning platforms to contain COVID-19 outbreak

Pelaksanaan ujian tugas akhir seperti skripsi, tesis dan disertasi dapat dilaksanakan seperti biasa atau melalui platform lain yang pelaksanaannya diatur oleh fakultas/Pascasarjana.

"Pimpinan USU juga meminta kepada seluruh dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan untuks secara konsisten menerapkan berbagai tindakan pencegahan penularan penyakit khususnya infeksi COVID-19 baik diri sendiri, keluarga maupun masyarakat," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020