Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara mengumumkan perkembangan terbaru kasus virus corona di provinsi itu hingga Minggu (29/3) yang menunjukkan penurunan jumlah pada kategori orang dalam pemantauan (ODP) COVID-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara, dr Aris Yudhariansyah, mengatakan, penurunan jumlah ODP mencapai 58,9 persen dari sebelumnya 4.064 orang dan kini menjadi 2.556 orang.

"Hal ini dikarenakan ada penyesuaian kriteria dari panduan revisi ke-4 yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Jakarta," katanya.

Baca juga: Update COVID-19: 1.285 positif, 114 meninggal, dan 64 sembuh

Adapun revisi ke-4 pedoman pencegahan dan pengendalian virus corona yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan pada 27 Maret 2020 itu membagi tiga klasifikasi dan tiga istilah yakni PDP, ODP dan OTG (orang tanpa gejala).

Untuk pasien positif COVID-19, jumlahnya tidak berbeda dari hari sebelumnya, yakni 14 orang, 2 di antaranya meninggal dunia. Begitu juga dengan pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 77 orang.

Baca juga: Antisipasi virus corona, Polisi Bahorok Langkat bagi brosur dan penyemprotan disinfektan

Baca juga: Waspadai tiga penularan Corona yakni uang, barang online, dan keluarga

"Saat ini sebanyak 77 PDP dirawat di 7 kabupaten/kota yakni di Medan, Pematang Siantar, Tanjung Balai, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Dairi dan Mandailing Natal," ujarnya.

Untuk pasien negatif COVID-19 tercatat sebanyak15 orang, sedangkan pasien yang sudah dipulangkan berjumlah 7 orang.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020