Polres Tapanuli Selatan memberlakukan setiap tamu yang datang terlebih dahulu disemprotkan cairan disinfektan guna meminimalisir penyebaran COVID-19.

"Selain para tamu juga hal yang sama dilakukan kepada seluruh personel," kata Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Irwa Zaini Adib secara tertulis, Kamis (26/3).

Pantauan, sejumlah tenda sengaja didirikan persisnya di dekat pintu gerbang utama masuk halaman Polres sebagai tempat petugas melakukan penyemprotan.

Baca juga: Meski sudah melaksanakannya, SMKN1 Sipirok sepakat UN dihapus

Baca juga: Masyarakat Tantom Angkola 'perang' melawan COVID-19

Proses penyemprotannya dengan cara menggunakan kipas angin yang telah berisi cairan disinfektan. Kemudian suhu tubuh diperiksa dilanjutkan cuci tangan pakai sabun.

Hal ini dilakukan kata Irwa, mengingat wilayah Polres Tapanuli Selatan yang berada di Kota Padang Sidempuan tercatat ratusan orang dalam pemantauan (ODP).

"Karenanya tidak boleh lengah dan kita harus cepat mengantisipasinya dengan berbagai usaya dan upaya demi memutus matarantai virus yang mewabah ini," katanya.

Dalam kesempatan ini Kapolres tidak bosan mengimbau kepada masyarakat luas untuk dapat mengurangi aktifitas luar rumah seperti berkumpul-kumpul. Termasuk rencana pesta ditunda dulu sementara.

"Upaya lain sebisa mungkin hindari bersentuhan dengan orang lain termasuk menjaga jarak, dan tetap menggunakan masker serta kesehatan, dan menuruti imbauan pemerintah," tegasnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020