Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Medan memutuskan untuk menunda pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Medan VI Tahun 2020 terkait semakin merebaknya virus Corona atau COVID-19.

Ketua KONI Medan Eddy Sibarani di Medan, Kamis, mengatakan, pihaknya telah menggelar pertemuan dengan pengurus cabang pengurus kota dan koordinator KONI kecamatan terkait penundaan pelaksanaan Porwil yang seharusnya digelar 21-28 Maret.

Baca juga: Di tengah kekhawatiran corona, Pelatda PON KONI Sumut tetap berlanjut

"Keputusan menunda Porwil setelah melihat situasi terkini sehubungan semakin merebaknya pandemi virus corona," katanya.

Dia mengatakan, keputusan itu juga merupakan tindak lanjut dari imbauan Presiden RI, Gubernur Sumut, dan Plt Wali Kota Medan dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Baca juga: KONI Medan siapkan program jangka panjang hadapi PON 2024

Baca juga: KONI Sumut siapkan atlet PON 2024

Juga untuk menindak lanjuti penetapan status siaga darurat berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dilakukan Plt Wali Kota Medan Ir. H Akhyar Nasution MSi bersama seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Medan, dan unsur Forkopimda.

"Wali Kota Medan sudah mengeluarkan surat edaran tentang antisipasi pencegahan penyebaran virus di Kota Medan, dalam rangka mengantisipasi dan upaya preventif menyikapi penyebaran COVID-19 untuk menjaga dan melindungi masyarakat Kota Medan, dan juga sudah mengeluarkan himbauan," katanya menambahkan.

Saat ini, lanjut dia, yang menjadi fokus adalah menjaga keselamatan dan kesehatan termasuk para atlet, pelatih, ofisial serta penonton.

"Selanjutnya kita melihat situasi dan perkembangan terkini. Kita berharap Porwil Medan 2020 bisa dijadwal ulang dan secepatnya bergulir," katanya.

Kepada para atlet, ia menganjurkan untuk tetap berlatih di rumah dan selalu mengikuti instruksi pelatih supaya ketika nanti Porwil Medan 2020 berlangsung kondisi tetap fit dan bugar.

"Harapan kita tentunya pandemi virus corona ini cepat mereda dan pada April nanti Porwil Medan 2020 bisa digelar," katanya menegaskan.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020