Polres Sibolga memeriksa 5 orang warga yang dikabarkan baru pulang dari Malaysia. Permeriksaan itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona yang sedang melanda dunia saat ini, termasuk Indonesia.

Menurut keterangan Kapolres Sibolga AKBP Triyadi melalui Kasubbag Humas Iptu R Sormin kepada wartawan, Senin (16/3), pihaknya mendapat informasi tentang perjalanan kelima orang itu dari salah satu akun Facebook yang menyebutkan mereka berlima (4 warga Sibolga dan 1 warga Tapteng) baru saja pulang dari Malaysia dan perlu diperiksa kesehatannya.

Mengetahui informasi itu, Polres Sibolga melalui Kapolsek Sambas Iput R Panjaitan memeriksa kelimanya dan diinterogasi. Dari hasil interogasi kelima warga tersebut mengaku memang baru pulang dari negeri jiran itu.

Baca juga: Dokter: Jarak ideal hindari kontak COVID-19 minimal satu meter

“Mereka terbang ke Malaysia tanggal 4 Maret 2020 dari Bandara Silangit. Tujuannya untuk menghadiri akad nikah sepupunya, sekalian melakukan perjalanan wisata selama 4 hari di Malaysia. Sesudah itu mereka berlima kembali ke Sibolga juga via Bandara Silangit pada 8 Maret 2020,” terang Sormin.

Dan hasil pengumpulan bahan keterangan, terang Sormin, kelimanya dalam kondisi sehat atau negatif dari virus corona. Hal itu dibuktikan surat keterangan dari Dinas Kesehatan Sibolga.

Pun demikian, sambung Sormin, polisi akan tetap berkoordinasi dengan pihak Dinkes guna memonitor perkembangan kesehatan kelima orang tersebut.

Baca juga: Malaysia terapkan "lockdown" 18-31 Maret 2020

“Kita sudah sarankan kepada kelima orang tersebut agar mengurangi kegiatan di luar rumah serta berinteraksi dengan warga, dan tetap memakai masker. Kita juga mengimbau kepada warga melalui para kepala lingkungan, agar tetap waspada dan menjaga kebersihan lingkungan, dan jangan mudah percaya dengan berita-berita di medsos yang belum pasti kebenarannya. Hal ini untuk meredam gejolak sosial di masyarakat,” tandasnya.
 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020