Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti rencananya akan berlibur di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), Kamis.
 
"Di kawasan Danau Toba, Raja dan Ratu Belanda akan berkunjung hanya satu hari," kata Direktur Utama (Dirut) Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo, Rabu.
 
Salah satu kawasan yang akan dikunjungi yakni Bukit Singgolom di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) yang memiliki pemandangan Danau Toba. 

Baca juga: Raja Belanda sampaikan penyesalan dan permohonan maaf kepada Indonesia
 
Kemudian dilanjutkan ke Dusun ‎Siambat Dalan, Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Tobasa.
 
"Di Desa Lintong Nihuta ada rumah adat Batak yang berusia ratusan tahun dan masih ditempati oleh masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Satgas Gabungan gelar pasukan pengamanan kedatangan Raja dan Ratu Belanda di Parapat

Baca juga: Raja Belanda akan bawa tim riset kualitas air ke Danau Toba
 
Setelah dari Toba Samosir, lokasi terakhir yang direncanakan akan dikunjungi Raja dan Ratu yakni Parapat di Kabupaten Simalungun. 
 
"Nantinya juga akan dilakukan jumpa pers secara resmi. Raja dan Ratu Belanda dalam lawatannya juga membawa serta sejumlah ternama di Belanda," ujarnya.
 
Sebelumnya Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (9/3).
 
Kunjungan kenegaraan Raja dan Ratu Belanda ke Indonesia tersebut membawa misi untuk peningkatan kerja sama bilateral di bidang ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia.
 
Berdasarkan siaran pers dari Kemenlu, kunjungan kenegaraan penguasa Belanda, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima, ke Indonesia akan membawa empat menteri dan hampir 200 delegasi pengusaha.
 
Kunjungan Raja-Ratu Belanda selama 9-13 Maret 2020 itu dikhususkan untuk fokus ke Indonesia karena bukan merupakan rangkaian lawatan kenegaraan.
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020