Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Mandailing Natal yang ke-21 tahun 2020, Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) yang bekerjasama dengan  perusahaan panas bumi SMGP dan Pemerintah Kecamatan Puncak Sorik Marapi gelar pendakian puncak gunung Sorik Marapi di Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi.

Ke 34 pendaki itu langsung dilepas Camat Puncak Sorik Marapi, Akhiruddin Batubara dari aula kantor Camat kecamatan itu, Sabtu (07/03) malam.

Pada pelepasan itu turut juga dihadiri Kasi Wilayah III TNBG, Siti Wahyuna, External AffairSMGP, Krishna Handoyo, Ade Robi, Panduan Wijaya, Kepala Resort TNBG wilayah VI seksi III, Gunawan Sitorus, Kepala Desa Sibanggor Sibanggor Tonga, Babinsa Koramil 14 Kotanopan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang ada di kecamatan itu.

Baca juga: Ketua DPRD Madina : Keberadaan Taman Raja Batu harus disyukuri
Baca juga: Ratusan anak yatim Puncak Sorik Marapi kunjungi Raja Batu
Para peserta pendaki puncak gunung Sorik Marapi foto bersama di aula kantor Camat Puncak Sorik Marapi, Sabtu 07/03. (ANTARA/Holik)

Baca juga: Pemberhentian Kades Simangambat menunggu SK Bupati

Camat Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Akhiruddin Batubara kepada ANTARA, Minggu (08/03) menyampaikan, pendakian ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh TNBG, PT. SMGP Pemerintahan Kecamatan Puncak Sorik Marapi.

"Pendakian ini merupakan partisipasi Pemerintah Kecamatan, TNBG dan PT SMGP didalam memeriahkan HUT Kabupaten Madina yang ke-21," katanya.

Ia menyebutkan, para peserta yang ambil bagian dalam pendakian puncak gunung Sorik Marapi ini diikuti peserta dari wilayah Madina dan kota Padang Sidimpuan.

"Selain bahagian dari memeriahkan HUT Madina even ini juga diharapkan dapat menambah ilmu peserta terkait keanekaragaman hayati yang ada di pegunungan Sorik Marapi," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Wilayah III TNBG, Siti Wahyuna menyampaikan, pendakian ini sebagai upaya mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten yakni Kecamatan Puncak Sorik Marapi sebagai salah satu destinasi wisata di Madina.

Kegiatan ini sendiri merupakan agenda tahunan TNBG. Setiap tahunnya pendakian gunung tertinggi di Madina ini dua kali dilakukan yakni pada HUT Kabupaten Mandailing Natal dan HUT kemerdekaan Republik Indonesia.

Ia berharap dengan adanya program pendakian ini dapat menginisiasi even tahunan baik tingkat nasional maupun tingkat provinsi," ujarnya.

Kepala Resort TNBG wilayah VI seksi III, Gunawan Sitorus menyampaikan, dalam pendakian itu para pendaki akan melakukan berbagai kegiatan di puncak gunung, salah satunya adalah dengan melakukan pengibaran bendera merah putih.

External Affair PT. SMGP, Krishna Handoyo mengatakan, perusahaan sangat mendukung kegiatan tersebut apalagi kegiatan itu bisa memperkenalkan destinasi wisata Kecamatan Puncak Sorik Marapi ke seluruh penjuru Indonesia bahkan luar negeri.

Untuk mewujudkan itu semua, PT SMGP akan selalu siap berkolaborasi dengan TNBG, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kecamatan sehingga kedepan bisa menjadi tempat wisata kebanggan bagi masyarakat Madina.

Pewarta: Holik

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020