Sebanyak 759 peserta dari 23 kecamatan dan utusan khusus mengikuti Musabaqoh Tilawatil Quran ke 53 tingkat Kabupaten Langkat dimana selaku tuan rumah Kecamatan Padang Tualang.

Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-angin dalam acara pembukaan MTQ ke 53 mengatakan ini merupakan MTQ perdana dimasa jabatannya.

Baca juga: Pelajar Sei Bingai Langkat tewas gantung diri

Pada kesempatan itu Bupati memberikan hadiah berangkat umroh gratis kepada dua orang pemenang MTQ karena mengikuti jejak yang sudah dilakukan oleh pendahulunya Ngogesa Sitepu.

“Jadi apa yang sudah ditanamkan oleh Ngogesa, saya ikuti dan saya teruskan. Saya juga berterimakasih kepada Ngogesa, atas bimbingan dan arahannya selama ini diberikan untuk memimpin Kabupaten Langkat  semakin maju, sejahtera, berbudaya dan religius," sebutnya.

Baca juga: Pemkab Langkat belum keluarkan izin pembangunan tower yang akibatkan tiga pekerja meninggal

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Padang Tualang atas partisifasinya yang sangat antusias serta penuh ihklas dalam melayani kehadiran dewan hakim dan qori qoriah peserta MTQ, dengan menyediakan tempat tinggal atau pondokan dikediamannya, selama berlangsungnya MTQ.

“Semoga kebaikan itu semua, mendapatkan balasan dari Allah SWT,”doanya. Termasuk kepada para Camat yang telah mengirimkan peserta MTQ dan memfasilitasinya.

Bupati juga menyampaikan penghargaan dan terimakasih atas terselenggranya acara ini, diharapkan Bupati Langkat, dapat membumikan Al Quran dikehidupan, guna mencapai kesejahteraan lahir dan batin. 

Serta menjadikan musabaqoh ini sebagai musabaqoh hati dan mengutamakan adab dan akhlak karimah.

Sementara Ketua LPTQ Langkat dr H Indra Salahudin pada laporannya MTQ ke 53 ini mengangkat tema  bersama Al Quran kita wujudkan masyarakat yang maju, sejahtera dan religius.

MTQ ini berlangsung selama lima hari mulai 24-28 Februari 2020, diikuti 23 kafilah dari Kecamatan se Kabupaten Langkat.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) menjelaskan berdasarkan data yang terhimpun pelaksanaan MTQ ini terdiri 23 kabupaten seluruhnya berjumlah 72 orang.

Dimana untuk jumlah peserta cabang tilawah anak–anak dan tartil 94 orang, remaja dan dewasa 94 orang, cabang hifzil quran satu juzz, lima juzz, 10 juzz, 20 juzz dan 30 juzz seluruhnya 140 orang, cabang fahmil quran terdiri dari 44 group dengan peserta pria 21 orang dan perempuan 23 orang total 132 orang, cabang syahril quran terdiri dari 46 group dengan peserta pria 21 orang dan perempuan  23 orang total 132 orang, cabang khattil quran 95 orang keseluruhannya 759 orang atau ada penurunan untuk tahun ini.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020