Rio Stevanus Hutasoit  berhasil menyabet Medali Emas bidang IPS di ajang Lomba Olimpiade Sains tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan. Selain Rio, ada juga Rohiana D Simanlango  yang berhasil meraih Medali Perunggu di bidang yang sama.

Demikian dikatakan Kepala Sekolah SMN 2 Pandan Nauli Nur Ekvan Santoso, S.Pd, kepada ANTARA di Pandan, Selasa (18/2/2020).

Ia mengatakan bersyukur dan bangga atas prestasi yang diraih oleh anak-anak Tapteng. Torehan Medali Emas ini tentunya sebuah capaian yang luar biasa. Ternyata anak Tapanuli Tengah memang hebat dan mampu untuk bersaing di tingkat Nasional.

Baca juga: Situasi Desa Simarlelan - Lumut Nauli mereda, Pemkab Tapsel - Tapteng sepakat bermusyawarah

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tapanuli Tengah, bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wakil Bupati bapak Darwin Sitompul, Kadis Pendidikan bapak Samrul Bahri Hutabarat, M.A, Korwas bapak Seven Sumihar Sihombing, M.Pd, Pengawas Manajerial, Ibu Derpi Lumban Tobing, S.Pd, dan Tim OSN SMP Negeri 2 Pandan Nauli dan seluruh guru pembimbing,” ujarnya.

Menurut Nur Ekvan, prestasi luar biasa SMP Negeri 2 Pandan Nauli di awal Tahun 2020 itu melengkapi prestasi sebelumnya pada Olimpiade Sains Indonesia (POSI) yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Medan (Unimed) pada tanggal 02 Februari 2020.

Dimana Tim Lomba Olimpiade Sains SMP Negeri 2 Pandan Nauli berhasil menyabet 3 Medali Perak dan 1 Medali Perunggu. Medali Perak pertama dari Bidang IPA diraih oleh Latifah Marhalim Panggabean Kelas VIII, Medali Perak Bidang IPS oleh Rio Stevanus Hutasoit Kelas VIII, dan Medali Perak ketiga Bidang IPS oleh Joanna Pakpahan Kelas VII, Serta Medali Perunggu Bidang IPA oleh Edwin Christoffel Lumban Tobing Kelas VIII.

“Dengan motivasi dan bimbinagan dari tim, akhirnya Medali Emas berhasil kita raih kemarin di ajang Lomba Olimpiade Sains Nasional se-Sumatera Utara dan Aceh yang diselenggarakan oleh Universitas Sumatera Utara (USU) pada tanggal 15-16 Februari 2020 di Medan. Ini prestasi yang luar biasa,” ungkapnya dengan bangga.

Ia pun berharap prestasi yang diraih sekolahnya dapat mengangkat harkat dan martabat pendidikan di Kabupaten Tapanuli Tengah sesuai visi dan misi Bupati Tapanuli Tengah dalam bidang pendidikan, yang ingin menjadikan generasi di Kabupaten Tapanuli Tengah generasi yang berakhlakulkarimah, cerdas, mandiri, dan terbebas dari narkoba dan zat bahaya terlarang lainnya.


 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020