Proses pelantikan 35 anggota DPRD Tapanuli Tengah berlangsung aman dan tertib. Pengambilan sumpah dan jabatan anggota dewan yang dipimpin oleh Ketua PN Sibolga Martua Sagala itu disaksikan ribuan tamu dan undangan yang berada di GOR Pandan, Senin.

Sebagaimana diatur dalam undang-undang unsur pimpinan sementara di DPRD Tapteng harus sesuai dengan perolehan suara pada pemilihan legislatif. Usai acara pelantikan, Sekretaris DPRD Tapanuli Tengah, Anton Sujarwo membacakan nama Ketua DPRD Tapteng sementara dan Wakil Ketua DPRD sementara.

“Sesuai dengan perolehan suara terbanyak dalam pemilihan legislatif tahun 2019, maka untuk jabatan Ketua DPRD Tapteng sementara diduduki oleh Partai NasDem atas nama Khairul Kiyedi Pasaribu, dan untuk Wakil Ketua DPRD sementara Agus Fitriadi Panggabean dari Partai Golongan Karya,” kata Sekwan.

Baca juga: 35 anggota DPRD Tapteng diambil sumpah jabatan

Dengan terpilihnya Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD Tapteng sementara, maka Rapat Paripurna DPRD Tapanuli Tengah dalam rangka peresmian pengangkatan anggota DPRD Tapteng masa bakti 2020-2025 ditutup oleh Khairul Kiyedi Pasaribu selaku Ketua DPRD sementara didampingi Agus Fitriadi sebagai Wakil Ketua sementara.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya mengharapkan, agar proses pelantikan Ketua DPRD Tapteng yang definitif dan unsur pimpinan DPRD dapat secepatnya dilangsungkan, mengingat banyak pekerjaan dan tugas yang harus dilakukan Ketua Dewan dan unsur pimpinan.

Untuk diketahui, dalam Pemilihan Legislatif tahun 2019, sebanyak 14 kursi di DPRD diraih oleh Partai NasDem, dari 35 jumlah anggota DPRD. Sedangkan partai Golongan Karya meraih 4 kursi, PDI-Perjuangan juga meraih 4 kursi.

Sedangkan anggota DPRD Tapteng yang lama dan terpilih kembali sebanyak 8 orang, sementara 3 orang yang pindah partai terpilih kembali menjadi anggota DPRD periode 2020-2025.

Dengan demikian total anggota DPRD Tapteng wajah lama yang terpilih kembali sebanyak 11 orang, dan 24 orang adalah wajah baru. Dari 24 orang wajah baru ini didominasi kaum muda termasuk Ketua DPRD sementara yang umurnya baru 30-an.
 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020