Duta Genre bersama pengurus Forum Genre didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Binjai Lilik Rosdewati berharap dukungan dari Wali Kota Muhammad Idaham dalam 10 program yang dibentuk.

Hal itu disampaika Juru Bicara Forum Genre, Azizi Harahap, di Binjai, Rabu.

Adapun rencana dari 10 program Genre itu antara lain Genre Goes To, adalah sebuah program sosialisasi dari mereka yang sasarannya pelajar di bangku SMP dan SMA serta masyarakat.

Baca juga: 31 warga Binjai bekerja di Batam

"Tujuannya untuk mensosialisasikan program kami sekaligus pembentukan PIK R Sekolah dan PIK R Masyarakat," katanya.

Selain itu Genre Mengaji adalah kegiatan kajian rutin yang digelar Forum Genre Kota Binjai dengan anggota PIK R di 37 kelurahan Kota Binjai dalam rentang waktu dua kali sebulan. 

"Kegiatan ini dilakukan dengan mengelilingi mesjid menyesuaikan dengan kelurahan yang siap menerima Forum Genre. Kami akan bermitra dengan Kemenag, yang sekaligus menjadi fasilitator ustad-ustad muda dengan kajian agama yang sesuai kebutuhan remaja.

Tujuannya, untuk meningkatkan rasa religius dan keagamaan untuk kita semua. Teknisnya sebulan sekali di hari Jum'at," sambung Ketiga Genre Develope Skill adalah, program yang memfasilitasi remaja kota rambutan yang memiliki bakat.

Kemudian Genre Join, sebuah program yang membangun kemitraan dengan sejumlah instansi.  Lalu ada Genre Sehat, sebuah kegiatan rutin di Minggu pagi dalam 2 kali sebulan. 

"Kegiatan Genre Sehat ini sudah kami lakukan pada Minggu lalu di Kolam Renang Tirta. Kami harap dapat juga dilaksanakan di Lapangan Merdeka pada saat Car Free Day,".

Keenam, ada kegiatan Genre Peduli. Sebuah program untuk memberikan kegiatan kemanusiaan seperti penggalangan dana kepada korban bencana alam. Lalu, Genre Berbagi. Berhubung sebentar lagi Bulan Suci Ramadan, kegiatan ini juga sekaligus berkaitan ke sana. Seperti melaksanakan buka puasa bersama anak yatim dan berbagi takjil.

Lalu ada Genre Store, Genre Cup dan Genre Tour. Semua kegiatan positif yang dibeberkan mereka yang menyentuh langsung masyarakat disambut baik oleh Wali Kota Binjai Muhammad Idaham.

"Semua perencanaan itu baik. Ini (cara) bagaimana kita menularkan kebaikan kepada semua orang, dan bagaimana kita bisa meyakinkan pada orang lain bahwa, yang akan kita kerjakan itu akan baik kedepannya," ujar Idaham.

Ketua TP PKK Hj Lisa Andriani juga mendukung program mereka. Menurut dia, kader-kader di dalam Genre adalah yang memiliki masa depan baik.

"Karena itu, kita harus bisa meyakinkan mereka. Ini tantangan berat. Harus bisa kita bangun," tukasnya. 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020