Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik membentuk tim khusus untuk menangani pasien Novel Corona Virus (nCoV) atau Virus Corona. 

"Rumah sakit Adam Malik sendiri siap menangani kasus ini. Kami punya Tim PINERE (Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emerging) yang sebenarnya tidak hanya menangani kasus ini saja, melainkan juga kasus KLB lain," kata Koordinator Penanganan Virus Corona Tim PINERE RSUP Adam Malik, dr Ade Rahmaini, MKed, SpP (Paru), Jumat. 

Ia menyebutkan, tim PINERE RSUP Adam Malik ini dibentuk sebagai upaya kesiapsiagaan rumah sakit milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini dalam menghadapi setiap kasus kejadian luar biasa (KLB) yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Baca juga: Korban meninggal akibat virus corona bertambah jadi 25 orang

Selain itu, pihaknya juga siap dalam menangani pasien nCoV, baik dari sumber daya manusia melalui Tim PINERE, sarana dan prasarana serta alur penanganan yang tepat sesuai standar prosedur operasional yang berlaku.

"Tim ini terdiri dari 20 orang tenaga medis diantaranya dokter spesialis yang berlatar belakang dari berbagai spesialisasi dan juga pencegah dan pengendalian infeksi," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUP HAM, dr Nurna Fauziah, MKes. Ruangan Infeksius RSUP Adam Malik dilengkapi dengan 11 ruang rawat yang merupakan ruangan isolasi. 

“Ruangan Infeksius kita terdiri dari 11 ruang rawat isolasi. Jika ruangan tidak memenuhi jumlah pasien yang dirawat, kita sediakan ruangan cadangan,” ucapnya. 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020