Kepolisian Resor Kabupaten Langkat menggelar apel kesiapsiagaan bencana yang diikuti berbagai unsur seperti dari TNI, Satpol PP, Dishub, BPBD, dan Basarnas, di Alun-alun Tengku Amir Hamzah Stabat, Jumat.

Kapolres AKBP Doddy Hermawan SIK menyampaikan apel ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kesiapan dalam menangani bencana alam bila terjadi di wilayah Langkat.

Sebagaimana diketahui di wilayah Indonesia banyak terjadi bencana alam yang memakan korban jiwa seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung, tsunami, maupun bencana alam lainnya.

"Kita tidak menginginkan bencana tersebut terjadi di Langkat, namun faktor alam juga tidak dapat kita prediksi, apa, bagaimana dan kapan bencana alam itu terjadi," katanya.

Untuk itu kepada seluruhnya perlu pahami, kuasai dan kerjakan dengan sungguh-sungguh sesuai prosedur yang menjadi tugasnya dalam mengantisipasi penanganan bencana alam dimaksud.

Kepada personel yang ditunjuk agar menyiapkan diri selalu siaga, bila ada pangggilan darurat siap untuk ditugaskan, siapkan fisik dan mental yang prima, jalin komunikasi dan kekompakan antar sesama instansi, harapnya.

Kapolres juga menekankan pengecekan secara rutin terhadap sarana dan prasarana yang digunakan, selalu kordinasi dengan pemerintah daerah, jangan mengambil keuntungan pribadi karena penanganan bencana alam bersifat operasi kemanusiaan.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020