Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mengalokasikan besaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2020 senilai total Rp81,8 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, dan irigasi.

"Pada 2020 ini, senilai total Rp81,8 miliar diplot untuk biaya pembangunan  jalan, jembatan, dan irigasi," terang Sekretaris Dinas PUPR, Jupati Rajagukguk, Senin (13/1).

Baca juga: Sembilan unit rumah terbakar di Onansabtu Pangaribuan

Pembiayaan pembangunan atas tiga item infrastruktur tersebut, kata Jupati, akan dilaksanakan di 15 kecamatan se-Taput demi meningkatkan aksesibilitas, konektivitas, serta mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

"Untuk pembangunan irigasi, ada senilai Rp10 miliar, sisanya sebesar Rp71,8 miliar diplot untuk pembangunan jalan dan jembatan," jelasnya.

Lebih tekhnis, Kabid Preservasi Jalan dan Jembatan PUPR Taput, Jimmy Sihite mengatakan, dari total anggaran yang dipersiapkan, kurang lebih Rp1,7 miliar akan membiayai pembangunan tiga unit jembatan penghubung antar desa, yakni 2 unit di Kecamatan Garoga, dan 1 unit di Kecamatan Pangaribuan.

"Tiga unit jembatan tersebut diprogramkan untuk dibangun menjadi jembatan plat beton dari kondisi sebelumnya yang masih  beralaskan papan," urainya.

Dikatakan, penerapan program dijadwalkan akan terealisasi setelah proses tenderisasi dilaksanakan pada tahun ini.

Sebelumnya, kata Jimmy, pada 2019 lalu, tiga unit jembatan juga sudah, dan sedang dirampungkan pengerjaannya, yakni 1 unit jembatan di Kecamatan Garoga, 1 unit di Kecamatan Adiankoting, serta 1 unit di Pangaloan-Kecamatan Pahae Jae yang masih dalam proses pengerjaan.


 

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020