PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara membangun daya listrik di Dusun 4 Bendo, Desa Ofa Padang Mahondang, Kecamatan Pulo Rakyat, Kabupaten Asahan.

"PLN tidak pernah berhenti berjuang melistriki nusantara, termasuk di wilayah Provinsi Sumatera Utara," kata General Manajer PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut M.Irwansyah Putra, di Medan, Sabtu.

Menurut dia, tantangan alam berupa kondisi geokrafis dan cuaca tidak menghalangi petugas dalam membangun infrastruktur kelistrikan di seluruh penjuru tanah air.

Baca juga: PLN Sumut bantu pengembangan pariwisata di Desa Silalahi

Seperti Dusun 4 Bendo ini, akses masuknya yang tidak mudah, terlebih untuk memobilisasi material distribusi PLN dengan ukuran dan bobot yang besar.

"Namun berkat bantuan dan kerja sama dengan Pemkab Asahan, masyarakat desa, dan PTPN IV, alhamdulilah jaringannya dapat terbangun sesuai harapan," ujar Irwansyah.

Sementara Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Asahan Muhammad Azmi Ismail mengucapkan terima kasih kepada PLN dan seluruh pihak atas terbangunnya infrastruktur kelistrikan di Dusun Bendo.

"Saya mewakili Bupati Asahan mengucapkan terima kasih kepada PLN, semoga pasokan listrik ini kehidupan masyarakat lebih baik," ucap dia.

Baca juga: UP3 PLN Sibolga gelar apel pasukan siaga perayaan Natal dan Tahun Baru

Hal senada diungkapkan Silarudin warga Dusun 4 Bendo, Desa Ofa Padang Mahondang, sejak ia lahir di daerah ini tidak pernah mengenal PLN.

Masyarakat menikmati listrik dari genset yang hidup dari jam 6 sore sampai 12 malam dengan membayar Rp7.000 setiap harinya.

"Saat ini kami menikmati listrik 24 jam lamanya dan biaya murah terjangkau masyarakat," katanya.

Sebelumnya, satu desa di Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara bisa menikmati aliran listrik PLN, terletak sekitar 50 Km sebelah selatan Kota Kisaran, Dusun 4 Bendo, Desa Ofa Padang Mahondang, Kecamatan Pulo Rakyat, Kabupaten Asahan.

Akses listrik PLN di daerah tersebut, diresmikan oleh General Manajer PLN UIW Sumut M.Irwansyah Putra, Jumat (20/12).

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019