Pemkab Langkat di bawah kepemimpinan Bupati Terbit Rencana Peranginangin dan Wakil Bupati Syah Afandin selama lima tahun ke depan  akan terus berusaha untuk mewujudkan Langkat yang religius sesuai dengan visi misinya menjadikan "Langkat yang maju sejahtera dan religius melalui pengembangan pariwisata dan infrastruktur yang berkelanjutan".

Dimana amanah visi dan misi tersebut, kini telah dilaksanakan dengan gencar, meskipun kurang lebih masih sebelas bulan menjabat.

Buktinya, untuk visi religius bupati telah meng hajikan dan mengumrohkan puluhan masyarakat dengan dana pribadi, mulai dari guru mengaji, nazir masjid, bilal mayit, penggali kubur dan ASN Pemkab Langkat.

Selain itu, juga melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema membangun keselarasan Ormas/lembaga keagamaan bersama pemerintah, dalam menjabarkan visi religiusnya.

Bupati TR Peranginangin juga telah berencana untuk melakukan  pembinaan mempersiapkan regenerasi pengisi masjid seperti imam, khatib dan muadzin, agar generasi Langkat menjadi generasi yang selalu menghidupkan masjid.

Pada kesempatan lain Bupati juga memberikan bantuan hibah dan bantuan sosial yang terdiri dari bantuan sosial operasional  bagi 25 masjid se Langkat Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp150 juta yang diterima secara simbolis oleh Nazid masjid Asy-Syuhada Stabat.

Juga memberikan hibah menunaikan ibadah haji bagi masyarakat teladan tahun pendaftaran 2019 dengan menunjuk tiga orang bilal mayit. 

Selain itu bantuan sosial kepada 5.000 orang guru TPQ sebesar Rp 3.750 miliar dan kepada 1.719 orang guru MDTA sebesar Rp 1.289.250.000.

Kemudian bantuan CSR PT Bank Sumut kepada Masjid Raya Stabat berupa 1 unit mesin genset senilai Rp 40 juta dan Masjid Jami’ Al Amin Desa Banyumas Stabat berupa uang Rp 50 juta.

Bantuan tersebut diberikan saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, bertempat di pendopo Jentera Malay rumah dinas Bupati Langkat, Stabat, Kamis (12/12/2019), dimana sebelumnya juga hal yang sama telah dilakukan Bupati pada moment keagamaan lainnya.

Visi misi religius itu juga diwujudkan Bupati dengan menyerahkan bantuan setiap menjelang lebaran, kepada seluruh bilal mayit yang ada di Kabupaten Langkat, dengan jumlah keseluruhan 3.926 orang dan total anggarannya Rp 981.500.000, dengan masing-masing menerima Rp 250.000 per orangnya.

Selain itu ikut menepung tawari, mengatar dan menjemput jamaah haji dipintu pesawat, Bupati juga memberikan fasilitas pelayanan kepada jamaah haji saat berangkat dan pulang, yakni menyiapkan unit mobil pengawalan dari Dishub dan unit dari Polres Langkat, puluhan unit bus pariwisata, unit truck untuk pengangkutan koper ke Asrama Haji serta  mobil ambulance untuk mendampingi.

Tidak hanya itu saja, bupati bersama Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi juga menyerahkan penghargaan rekor MURI Arca tertinggi di Indonesia, Patung Dewa Murugan, kepada Ketua pengurus Kuil Sri Raja Rajeswari Amman, pada acara perayaan Adhi Thiruvila Maha Puja, di Desa Padang Cermin, Kecamatan Selesai, beberapa waktu yang lalu.

Sekaligus, bersama Gubsu memotong pita dan menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya, Patung Dewa Murugan, Gapura dan Sanggar Kuil Sri Raja Rajeswari Amman.

Tentu masih banyak lagi yang akan dilakukan Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin untuk wujudkan visi misi religius untuk empat tahun kedepan dalam perjalanan pemerintahan yang dipimpinnya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019