Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan temu ramah dengan mitra kerja dari Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK).

Temu ramah sekaligus evaluasi kerja dengan PLKK (pihak rumah sakit, klinik, puskesmas dan lainnya) ini dilaksanakan di Hotel Mutiara, Padangsidimpuan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan abang Padangsidimpuan Zainal Fakhruddin dalam sambutan sekaligus membuka acara mengatakan kegiatan ini dalam rangka mempererat hubungan silaturrahim sesama mitra kerja.

"Dengan harapan akan terbangun sinergitas yang lebih baik dalam rangka pemberian pelayanan yang terbaik kepada para peserta BPJS Ketenagakerjaan," katanya menghubungi ANTARA, Jumat (22/11).

Sejak dulu PLKK sudah ada, namanya traumatic center (TC) yang terdiri dari Rumah Sakit Klinik dan Puskesmas. Bahkan ada lagi program Return To Work (RTW).

Penjelasan informasi tentang PLKK serta program Jaminan Kecelakaan Kerja disampiakan nara sumber Ester Sijabat selaku Kabid Pelayanan dari pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Kata Ester, setiap pekerjaan mempunyai risiko kerja. Mulai melangkahkan kaki dari rumah hingga sampai ke lokasi dan pulang kerja tetap ada risiko. Seperti benturan, terjatuh, terpapar, terpelet, tertimpa dan lainnya.

"Hanya saja seorang pekerja semakin merasa nyaman (terlindungi) apabila sudah sudah menjadi peserta. Karena BPJS Ketenagakerjaan melindungi diri pekerja saat melakukan pekerjaan," katanya seraya menyatakan pertanggungan jaminan kecelakaan kerja yaitu pengobatannya Unlimited.

"Mau berapapun biayanya pokoknya sampai peserta itu sembuh total. Bahkan santunan kematian/kecacatan akibat kecelakaan kerja diberikan 48 kali lipat dari upah yang dilaporkan, dan RTW," ujarnya.

Nara  sumber lain Syafrial, staf pelayanan yang menyampaikan materi pembahasan menyangkut informasi tentang alur pelayanan kasus kecelakaan kerja serta teknis-teknis dalam proses pelaksanaan program jaminan kecelakaan kerja.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019