Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di Kabupaten Mandailing Natal diwarnai pemberian penghargaan kepada sembilan  tenaga kesehatan berprestasi.

Penghargaan ini diserahkan Forkopimda di Taman Raja Batu komplek perkantoran Paya Loting Panyabungan, Rabu (20/11).

Tenaga kesehatan yang mendapat penghargaan tersebut adalah Asnidar Marbun (Bidan teladan) juara I tingkat Provinsi Sumatera Utara dan dibawa ke tingkat nasional, Sevryani Martha Tiodora (ahli gizi teladan) juara I tingkat Provinsi Sumatera Utara dan dibawa ke tingkat nasional, Anas (petugas kesehatan lingkungan teladan) juara I tingkat Sumatera Utara.

Asrina Diana Harahap (Analis teladan) juara I tingkat Sumatera Utara, Resi Fransisilawati (Apoteker teladan) juara I tingkat Sumatera Utara, Drg. Rita Asmarida (Dokter gigi teladan) juara II tingkat Sumatera Utara.

Marlina (Penyuluh kesehatan masyarakat teladan) juara III tingkat Sumatera Utara, Musthofa Habibi (Perawat teladan) juara III tingkat Sumatera Utara dan Juliyanthi (Dokter umum teladan tingkat Kabupaten Mandailing Natal.

Pada peringatan yang di pusatkan di taman Raja Batu komplek perkantoran Payaloting ini juga dilaksanakan senam massal dan kegiatan kemanusian donor darah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal, dr Syarifuddin Nasution menyampaikan, selain pemberian penghargaan kepada sembilan petugas kesehatan pada peringatan ini juga dilaksanakan lomba kader teladan, lomba balita sehat, lomba posyandu terbaik, lomba isi piringku dan lomba senam Germas.

Pada kesempatan tersebut Kadis juga menyampaikan dari 26 Puskesmas yang ada di Madina saat ini sudah 23 Puskesmas yang terakreditasi sedangkan sisanya menunggu proses akreditasi.

Sementara itu, Bupati Madina, Drs. Dahlan Hasan Nasution pada kesempatan tersebut mengajak semua elemen masyarakat khususnya tenaga kesehatan untuk mendukung pemberantasan lima isu strategis masalah kesehatan yang saat ini menjadi perhatian pemerintah seperti Stunting, kematian bayi dan ibu melahirkan, imunisasi, Tuberculosis paru serta penyakit tidak menular.

"Saya berharap melalui kegiatan HKN ini kita jadikan sebagi ajang mensosialisasikan kegiatan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia sehat," ujarnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019