Badan Aksesibilitas Tekekomunikasi dan Komunikasi Kementerian Kominfo bekerja sama dengan IT Del menggelar program pemberdayaan komunitas pariwisata Danau Toba di Hotel JTS Parbaba, Kabupaten Samosir, Jumat (15/11).

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Pendidikan, Rikardo Hutajulu dan diikuti 80 unsur Dinas Kominfo di kawasan Danau Toba, para kepala SKPD Pemkab Samosir, narasumber, mahasiswa dan dosen IT Del dan pelaku wisata serta seni budaya.

Kepala Dinas Kominfo Samosir, Rohani Bakara memaparkan proses realisasi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional dalam Integrated Tourism Master Plan Kabupaten Samosir yang memiliki dua Key Tourism Area (KTA), yaitu Simanindo dan Pangururan. 

Sedanglan Ranperda Rencana Induk Pariwisata Daerah Kabupaten Samosir sedang disusun dan diharapkan akan disahkan pada tahun 2020. 

Dia juga mengharapkan agar Kementerian Kominfo dapat memberikan pengadaan wifi gratis di situs-situs wisata dan budaya sebagai nilai tambah pariwisata Samosir.

Utusan dari Dinas Kominfo di kawasan Danau Toba juga memberikan masukan yang konstruktif dalam mengoptimalisasi pariwisata guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. 
 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019