Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan perkembangan situasi saat ini sangat diperlukan peningkatan kewaspadaan para anggota satuan pengamanan (Satpam) dalam melaksanakan pengamanan di area tugas masing-masing.

"Satpam merupakan bentuk pengamanan swakarsa yang bertugas membantu Polri di bidang penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat terbatas pada lingkungan kerjanya," kata Agus, dalam sambutannya dibacakan Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, di Mapolda, Kamis.

Kapolda Sumut mengatakan hal itu, pada pembukaan Rakernis Dit Binmas Polda Sumatera Utara yang dipimpin Badan Usaha Jasa Pengamanan.

Ia mengatakan, kegiatan rakernis ini sangat diperlukan dengan mengumpulkan pimpinan badan usaha jasa pengamanan dan pengguna satpam, guna menyatukan persepsi, serta memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di lingkungan kerjanya.

"Salah satu keberhasilan pengamanan adalah terjalinnya kerja sama yang sinergi, dan saling bertukar informasi, saling mendukung mendukung melalui komunikasi aktif," ujarnya.

Agus menyebutkan, selain itu, koordinasi intensif dalam menyelesaikan setiap gangguan keamanan yang terjadi, sehingga kasus apapun dapat diselesaikan dengan baik.

Dari beberapa pengalaman yang terjadi belum adanya keterpaduan antara satpam dengan anggota Polri.

"Kita berharap adanya peningkatan komunikasi antara satpam dengan pihak kepolisian dengan menyimpan nomor telpon anggota kepolisian yang terkait," kata jenderal bintang dua itu.

Turut hadir pada rakernis tersebut, para Direktur/Pimpinan Badan Jasa Pengamanan (BUJP), Ketua Badan Pengurus Daerah Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (BPDABUJPI), Ketua Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Indonesia.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019